Desa Perlu Tingkatkan Program Pemberdayaan

BOGANINEWS, BOLSEL – Program pemberdayaan Dana Desa (Dandes) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), perlu ditingkatkan. Hal ini dikatakan Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bolsel Deky Paputungan.

Menurutnya, belum maksimalnya pemanfaatan Dandes karena sebagian besar desa masih fokus pada program fisik. Padahal katanya, salah satu tujuan Dandes adalah program pemberdayaan masyarakat.  “Untuk memaksimalkan pemanfaatan dana desa, maka pendampingan dalam pengelolaan dana tersebut juga harus optimal,” kata Deky.

Hal tersebut katanya, akan mampu mensukseskan program yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Untuk program pembangunan fisik di semua desa, itu tidak masalah karena desa juga perlu melakukan pembangunan sarana pendukungnya.

Namun, untuk program pemberdayaan perlu lebih ditingkatkan, agar makin berdampak kepada masyarakat guna meningkatkan perekonomian. “Ini semua bertujuan agar semua program yang didanai dengan dana desa dapat terealisasi dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Humas Pemkab Bolsel, Ahmadi Modeong mengatakan, keinginan Pemkab agar seluruh pemerintah desa dapat membuat program pemberdayaan yang manfaatnya benar – benar dirasakan oleh masyarakat.  “Semua program baik fisik maupun pemberdayaan harus diwujudkan dengan maksimal. Diingatkan juga, bahwa pengelolaan dana desa harus transparan dan melibatkan masyarakat,” tegas Ahmadi. (Holan)

Komentar