Riston Mokoagow Menunggak BPJS

BOGANINEWS, BOLSEL – Perselisihan antara Riston Mokoagow anggota DPRD Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) dengan pihak Sekertariat Dewan (Setwan) masih terus berlanjut.
Anggota Legislatif dari Partai Hanura ini, tetap bersih keras agar tunggakan pembayaran kartu BPJS miliknya segera diselesaikan oleh pihak Setwan. Bahkan, Riston mengaku, selama ini daerah tidak pernah memfasilitasi biaya berobatnya setelah Empat kali dirawat di rumah sakit.
Menurut Riston, tunggakan iuran BPJS yang menjadi salah satu alasan kartu BPJS miliknya tidak diaktifkan, harusnya diselesaikan pihak Setwan, karena fasilitas kartu BPJS ini seharusnya ia nikmati sejak dirinya menjabat sebagai wakil rakyat di Bolsel periode 2014-2019.
“Layanan BPJS sudah dijelaskan dalam aturan tahun 2014, dimana segala bentuk jaminan kesehatan bagi anggota DPRD akan dialihkan ke BPJS Mandiri, dan langsung dipotong di gaji masing-masing, jadi tunggakan itu seharusnya dibayarkan pihak Setwan,” jelasnya.
Menampik pernyataan Riston, Sekertaris DPRD Bolsel, Marwan Makalalag menjelaskan, tunggakan BPJS milik Riston itu adalah BPJS Mandiri yang dibuat secara pribadi, sebelum pihak Setwan mengalihkan semua jaminan kesehatan anggota DPRD ke BPJS. “Jadi intinya, semua tunggakan BPJS milik Riston tidak bisa serta merta bisa dialihkan ke BPJS miliknya di DPRD untuk diselesaikan pihak Setwan, meskipun pihak BPJS telah menggabungkannya menjadi satu identitas dan registrasi yang sama. Karena secara administrasi itu tidak diperbolehkan,” papar Sekwan.
Marwan juga menjelaskan, untuk layanan BPJS milik anggota DPRD lainnya semua sudah diaktifkan oleh pihak BPJS. “Hanya milik Riston saja yang belum diaktifkan, karena masih terikat tunggakan pembayaran di BPJS mandiri miliknya yang lama. Namun, semua masalah ini sebenarnya bisa diselesaikan secara baik-baik. Hanya saja yang bersangkutan sudah mengumbar di media, membuat kami harus angkat bicara agar tidak terjadi kesalahpahaman oleh masyarakat yang membaca berita yang jauh dari fakta tersebut,” terangnya.
Sementara itu, hasil konfirmasi dari petugas BPJS yang biasa mengurus layanan BPJS milik anggota DPRD Bolsel menyebutkan, tunggakan pembayaran BPJS milik Riston Mokoagow bersama keluarganya sebesar Rp 4.160.000. “Jika tagihan ini sudah dibayarkan, kartu BPJS milik Riston otomatis akan diaktifkan oleh sistem kami,” ungkap Angel, salah satu petugas BPJS. (HBO)

Komentar