Pemprov Dukung FTT

BOGANINEWS, BOLSEL – Pelaksanaan Festival Teluk Tomini (FFT) di Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel) yang akan digelar pada 20-23 April 2017, mendapatkan dukungan positif dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut).

Salah satunya dukungan dari Kepala Perikanan Tangkap Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Sulut, Inneke Adam. Menurutnya, instansi teknis harus berperan semaksimal mungkin untuk mengembangkan wisata bahari, dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud). “Konsep harus jelas, kemudian getol lewat promosi keluar daerah. Destinasi yang menjadi andalan harus punya nilai tambah untuk menarik perhatian wisatawan yang akan datang,” kata Inneke.

Lanjutnya, saat melakukan promosi, Bolsel harus lebih mantap mengemas konsep. Sebab, mengandalkan wisata bahari seperti spot taman laut untuk pecinta selam, banyak bersaing dengan daerah lain. Dicontohkannya Selat Lembe (Bitung), yang memiliki potensi bawah laut yang tak kalah menarik dari Taman Laut Nasional Bunaken (TLNB).

“Jadi apa destinasi wisata yang menjadi primadona harus ditonjolkan. Harus selalu mempromosikan ke luar daerah. Saya yakin, Bolsel bisa mengenalkan wisatanya di mata dunia,” jelasnya.

Masukan positif tersebut, sejalan dengan langkah Pemkab Bolsel melalui Disparbud yang begitu aktif mempromosikan wisata ke luar daerah. Seperti kesuksesan Pemkab Bolsel mempromosikan wisata bahari dengan peluncuran buku ‘Discover The Underwater Jewel‘ dalam pameran wisata ‘Deep Extreme‘ Indonesia 2017 di Ibu Kota Jakarta belum lama ini.

Kemudian Festival Teluk Tomini (FFT), dimana waktu pelaksanaannya tinggal menghitung hari. Bupati Bolsel Hi Herson Mayulu SIP sendiri meyakini, wisata bawa laut Bolsel mampu menyaingi taman laut Bunaken. “Potensi bawah laut yang kita miliki, bisa menyaingi taman laut bunaken,” sebut Bupati pada acara Deep Extreme di Jakarta. (Alan)

Komentar