Pemkab Bolsel Gelar Bimtek Penyusunan RAPBDes 2017

BOGANINEWS, BOLSEL – Bupati Bolmong Selatan (Bolsel) Hi Herson Mayulu SIP, diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Drs. Indra Damopolii ME, membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) penyusunan Rancangan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) tahun 2017.

Bimtek yang digelar Selasa (18/04) sekira pukul 15.00 Wita di hotel Sutan Raja Kotamobagu, turut dihadiri Asisten Satu dan Dua, Kaban Keuangan, Inspektorat, Camat, para Sangadi (kepala desa), BPD dan para perangkat desa.

Kegiatan ini difasilitasi Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPMDPP-PA) berlangsung selama 12 hari tersebut terhitung sejak 18-30 April 2017 terbagi Lima gelombang. Untuk gelombang pertama dari Kecamatan Bolaang Uki terdiri dari 17 Desa dengan 59 peserta. Dan untuk kecamatan lainnya, nanti akan menyesuaikan dengan jadwal.

Sementara itu, Sekda dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa. Dimana paradigma pengelolaan pemerintahan desa saat ini, telah mengalami perubahan. Jika konsep sebelumnya desa dijadikan objek pembangunan top down, maka saat ini konsepnya sudah menggunakan piramida terbalik waktu desa membangun atau bottom up atau membangun mulai dari desa.

“Nah, dengan konsep baru ini akan menjadi sebuah peluang dan motivasi serta tantangan bagi desa itu sendiri, apakah mampu melaksanakan program yang ada. Maka disinilah pentingnya pelaksanaan bimtek,” jelas Sekda.

Lanjutnya, melalui bimtek ini semua materi yang akan diterima dari narasumber diharapkan dapat memperkecil berbagai kesalahan dalam pengelolaan program yang berkonsekwensi dalam pertanggung jawaban keuangan. “Saat ini untuk dana desa di Kabupaten Bolsel, sudah masuk ke kas daerah. Untuk tahap satu 60 persen sebesar Rp 38,299.486.400,” sebutnya.

Sehingga Sekda berharap, dengan masuknya dana ini setiap desa dapat mengelola dengan baik dan benar berdasarkan aturan yang ada. “Kepada peserta harus dapat mengikuti seluruh kegiatan dengan baik, agar dapat memberikan output dan pemahaman dalam penyusunan R-APBDes, mendatang,” tegasnya. (Alan)

Komentar