Nelayan Bolsel Punya Tradisi Unik Menangkap Ikan

BOGANINEWS, BOLSEL – Masyarakat Kabupaten Bolmong Selatan (Bolsel), memiliki tradisi unik untuk menangkap ikan. Tradisi ini disebut ‘Hela Soma’, yang melibatkan banyak orang untuk menangkap ikan.

Namun, hela soma satu ini berbeda dari pada umumnya yang dilakukan oleh masyarakat yang tinggal di pesisir pantai Bolaang Mongondow Raya (BMR). “Ini namanya hela soma nike (sejenis ikan teri) dengan menggunakan sibu-sibu (pukat bermata kecil),” kata Amir warga Bolaang Uki, sore tadi.

Menurutnya, soma yang digunakan harus berwarna hitam pekat, tidak boleh berwarna lain, karena ikan akan melompat keluar dari perangkap. Untuk menangkap ikan kecil ini, soma harus diurai kira – kira sepanjang tujuh sampai delapan meter. Kemudian ditarik secara perlahan lahan menuju daratan sembari membentuk sebuah lingkaran. “Kalau sudah terkumpul, kita angkat menggunakan tapis-tapis (alat penapih),” jelasnya.

Dikatakannya, untuk mengumpulkan ikan nike, membutuhkan waktu berjam-jam untuk sekali jaring. Namun katanya, kegiatan menangkap nike sangat seru dilakukan, apalagi saat lagi musimnya. Senada ikut dikatakan Ranti warga setempat, bahwa kegiatan menangkap nike adalah salah satu tradisi masyarakat Bolsel.

“Jika ibu-ibu yang melakukannya, itu untuk mengisi waktu luang sambil menunggu suami pulang dari melaut. Ikan ini tidak dijual, hanya untuk dikonsumsi keluarga jika tangkapannya hanya sedikit,” kata Ranti. Untuk melestarikan tradisi hela soma, ia mengimbau agar para nelayan menjaga kelestarian laut. “Caranya tidak meracuni ikan atau menggunakan bom ikan, karena akan merusak pantai,” jelasnya. (Alan)

Komentar