Gubernur Kukuhkan Pengurus LPTQ Provinsi

BOGANINEWS, BOLSEL – Seleksi Tilawatil Quran (STQ) XXIV Tahun 2017 Tingkat Sulut yang dipusatkan di Asrama Haji, Tuminting, Manado, Jumat (21/04) sekira pukul 19.00 WITA dibuka oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Sebelumnya, Gubernur terlebih dahulu melantik  pengurus LPTQ (Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an) Sulut, periode 2016-2021 yang diketuai Bupati Kabupaten Bolsel Hi Herson Mayulu SIP. Pada pelantikan tersebut, Sekretaris LPTQ Hamka Dondo, membacakan SK Nomor 115 Tahun 2017 tentang penetapan pengurus LPTQ Sulut Periode 2016-2021.

Usai pelantikan, dilanjutkan dengan pelantikan Ketua Panitia STQ Ayyub Ali Albugis. Ketua Panitia sendiri saat menyampaikan laporan panitia menjelaskan, peserta STQ kali ini diikuti 15 Kabupaten/kota se-Sulut, yang akan berlangsung selama tiga hari (21 sampai 23 April 2017).

“Cabang dalam STQ ini ada Tiawatul Qur’an, Hifsil Qur’an 1 jus, 5 jus,  20 jus dan 30 jus. Kemudian Tafsir Alqur’an golongan Bahasa Arab,” jelas Ayyub. STQ kali ini katanya, melibatkan juri tingkat nasional, karena pemenangnya akan diutus ke tingkat nasional.

Sementara itu, Ketua LPTQ Sulut, Hi Herson Mayulu SIP, dalam sambutannya mengaku optimis, jika pengurus LPTQ Sulut kali ini akan membawa hal-hal yang menggembirakan. Sebab, pengurus yang dilantik ini semua profesional di bidangnya. “Insya Allah kita akan mengemban tanggungjawab ini sebaik mungkin. Meski belum lantik tapi kita sudah kerja,” aku Mayulu. Ia juga mengajak pengurus LPTQ yang lain untuk mereformasi organisasi (LPTQ) dengan menyusun program baru agar bisa berprestasi dan mengharumkan nama Sulut.

Gubernur sendiri saat membuka STQ XXIV Tahun 2017 Tingkat Sulut, menyambut baik dan merespon positif kegiatan tersebut. “Saya berharap pengurus LPTQ yang baru dilantik, dapat meningkatkan pemuda-pemuda kita dalam pola pikir dan membudayakan umat muslim gemar membaca Alqur’an,” kata Gubernur.

Selain itu, ia juga berharap, STQ kali ini dapat menjadi sarana untuk lebih mempererat tali silaturahmi. “Saya bahkan berharap pengurus LPTQ bisa bekerja dengan baik agar ke depan Sulut bisa menjadi tuan rumah STQ tingkat nasional,” harapnya.

Diketahui, selain gubernur dan Ketua LPTQ Sulut, hadir pula Ketua Deprov Sulut Andre Angow, Sekprov Edwin Silangean, Kepala Kanwil Kememag Sulut H Suleman, Asisten II Pemprov Muhammad Mokoginta, Forkompinda Sulut, para kepala LPTQ Kabupaten/Kota, para Sekda dan pejabat Kabupaten/ Kota lainnya, serta para kafilah dari 15 Kabupaten/kota se-Sulut. (Alan)