oleh

Kesadaran Masyarakat Pengurusan IMB Masih Kurang

BOGANINEWS, BOLSEL – Kesadaran masyarakat Bolmong Selatan (Bolsel), untuk mengurus Izin Mendirikan Bangunan (IMB), masih kurang. Hal ini terbukti, masih banyak masyarakat yang tidak mengantongi izin IMB.

Menurut Kepala Dinas (Kadis) Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Transmigrasi (DPMPTSPT) Bolsel, Agus Mooduto, kesadaran masyarakat akan pentingnya IMB masih sangat minim. “Sebenarnya masyarakat sudah tahu. Hanya saja mereka belum sadar pentingnya mengurus IMB,” kata Agus.

Lanjutnya, Enam tahun terakhir, Bolsel masih minim peningkatan kepengurusan IMB, baik itu izin usaha maupun rumah pribadi. “Tahun lalu instansi terkait sudah sering mensosialisasikan persoalan pengurusan IMB ini,” jelasnya. Ia juga meminta, agar masyarakat harus tahu sebagian Penghasilan Asli Daerah (PAD) bersumber dari IMB ini.

“Tahun ini dinas terkait, akan melibatkan para Sangadi (Kepala Desa) untuk kembali mensosialisasikan pentingnya mengurus IMB. Sebab, kedepan kita akan lebih selektif dalam pemberlakuan aturan tersebut,” ucapnya.

Ditambahkannya, kedepan jika ada yang membangun tanpa sepengetahuan DPMPTSPT, maka pembangunan akan dihentikan sambari menunggu yang bersangkutan menyelesaikan IMB. “Kami akan sosialisasi kepada masyarakat secara langsung, maupun melalui media masa,” terangnya. (Alan)

Komentar

BERITA LAINNYA