Budaya Sebagai Sarana Pemersatu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Sebagaimana Visi-Misi Pemerintah Kota (Pemkot) menjadikan Kotamobagu sebagai Kota Model Jasa, maka Pemkot melalui Dinas Pariwisata telah mencanangkan beberapa program untuk menunjang program tersebut.

Seperti sektor budaya yang merupakan salah satu keberagaman masyarakat Kotamobagu yang terdiri dari berbagai suku dan budaya. Diantaranya Mongondow, Minahasa, Cina, Gorontalo, Jawa dan Sangihe yang memiliki ciri khas masing-masing.‬

‪Menurut Kadis Pariwisata kotamobagu Bambang Ginoga, untuk mendukung program pemerintah ada beberapa program yang telah direncanakan. Selain sektor wisata yang sudah di data, juga sektor budaya menjadi salah satu prioritas. “Kotamobagu sendiri memiliki budaya yang banyak. Sehingga, kami akan fokus mengembangkan agar bisa dilestarikan,” jelas Bambang‬.

Dikatakannya, ada program yang sudah disiapkan seperti pawai budaya yang akan dilaksanakan pada bulan Mei 2017 mendatang. “Lewat pawai budaya ini, kita akan melibatkan banyak unsur. Dan diharapkan dapat menjadi pemersatu serta menjadi ciri khas sendiri untuk menarik wisatawan,” terangnya.

Lanjutnya, Dinas Pariwisata sendiri membuka ruang bagi masyarakat jika ada yang ingin mengusulkan potensi-potensi wisata yang ada di Kelurahan dan desa. “Silahkan masukan ke dinas secara tertulis. Usulan akan kita bahas dan jika itu baik, kami akan usulkan untuk di anggarkan,” tambahnya. (Ino)

Komentar