oleh

Peringati Maulid Nabi Muhammad Pemkab Bolsel Gelar Festival Tolrangka

BOGANINEWS, BOLSEL – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong Selatan (Bolsel), Rabu (14/12) menggelar Festival Tolrangka.

Sambutan Wakil Bupati, Iskandar Kamaru pada Festival Tolrangka

Wakil Bupati Bolsel, Iskandar Kamaru SPt, dalam sambutannya mengatakan, Bolsel adalah daerah yang kaya akan suku dan budaya. Bolsel terdiri dari tiga etnis yaitu Mongondow, Gorontalo dan Bolango. Ketiga etnis ini merupakan suatu khasanah budaya tersendiri bagi Bolsel.

“Begitu banyak nilai-nilai tradisi dan kearifan lokal dalam masyarakat yang patut dilestarikan sebagai implementasi dari visi daerah yaitu mewujudkan Bolsel yang religius, berbudaya, bermartabat, maju dan sejahterah,” kata wabup.

Baca Juga:  Bupati Bolsel Buka Bimtek Penyusunan Perundang-Undangan

Strategi yang tepat agar budaya lokal tidak semakin tergerus oleh budaya asing adalah pembangunan jati diri identitas daerah. Pemahaman falsafah budaya kepada seluruh kalangan masyarakat salah satunya melalui pelestarian budaya Tolrangka ini.

“Kita ketahui bersama bahwa, budaya tolrangka ini merupakan tradisi masyarakat Bolango dan Gorontalo di Bolsel yang dilaksanakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad,” terangnya.

Guna memaknai Tolrangka sebagai bagian dari perayaan maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini, maka ditekankan penghayatan dengan menjadikan Nabi Muhammad sebagai sosok panutan, suri teladan, dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga:  Herson Mayulu Diberi 2 Gelar Adat dari Gorontalo dan Bolango

“Kita wajib meneladani kehidupan Nabi Muhammad sebagai Uswatun Hasanah atau teladan yang baik,” jelas wabup. Usai memberikan sambutan, wabup melepas pawai Tolrangka dengan mengelilingi pusat kota kabupaten. (San)

Komentar

BERITA LAINNYA