Wali Kota Resmikan Data Center dan Command Center Pertama di Sulut

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Wali Kota Kotamobagu Ir Tatong Bara, Kamis (8/02), meresmikan program pendukung Smart City Kotamobagu yaitu Data Center dan Command Center yang dirangkaikan dengan Launching e-Government, bertempat di Hotel Sutan Raja.

Tatong Bara dalam sambutannya mengatakan, Data Center dan Coammand Center, adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk menunjang program Smrat City Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu.“Data Center-Comand Center, dibuat untuk menunjang program smart city pemkot,” kata Tatong

Lebih lanjut katanya,  Pemkot Kotamobagu adalah satu-satunya daerah di Sulawesi Utara (Sulut)  yang menerapkan program Data Center-Command Center ini. “Ini merupakan hasil kerja keras kita pemerintah. Saya  memberikan apresiasi untuk Dinas Kominfo, yang telah berhasil menerapkan program berbasis tekonologi ini,” ucap Wali Kota.

Masyarakat kotamobagu, sekarang lebih dimudahkan untuk mengakses berbagai informasi lewat data center-command center. “Sekarang ini pemkot sendiri sudah bisa melihat kondisi wilayah kotamobagu lewat CCTV yang terpasang di sejumlah titik strategis. Semuanya bisa terkontrol di data center-command center. Dan masih banyak kelebihan lainnya,” jelas Tatong.

Sementara itu Kepala Diskominfo Kotamobagu, Ahmad Yani Umar mengatakan, Data Center dan Command Center, menjadi kebanggan bersama, pemerintah dan seluruh masyarakat kotamobagu. “Data Center dan Command Center ini menjadi kebanggaan bagi  pemerintah Kotamobagu dan masyarakat serta merupakan pembuktian bagi komitmen Wali Kota untuk mewujudkan program Smart City,” kata Yani.

Ahmad menambahkan, Data Center berfungsi untuk menyimpan seluruh data pemerintah Kota Kotamobagu dan terkoneksi dengan beberapa SKPD yang berhubungan dengan pelayanan masyarakat. “Beberapa SKPD yang berhubungan dengan pelayanan seperti KPTSP, DPPKAD dan BAPEDDA, serta SKPD yang telah menerapkan sistem komputerisasi semua terhubung,” jelas Yani.

Tak hanya itu saja, data center juga akan terhubung dengan CCTV yang dipasang disejumlah titik strategis di wilayah Kota Kotamobagu. “Situasi di pusat Kota dapat dipantau dari gedung Data Center,” ucapnya. (Advetorial)

Komentar