Wakili Bupati Bolsel, Asisten II Buka Pelaksanaan UNBK

BOGANINEWS, BOLSEL – Asisten II Pemkab Bolsel Ramli Abdul Madjid, mewakili Bupati Iskandar Kamaru, Senin (22/4/2019) menghadiri sekaligus membuka pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dipusatkan di SMP Momalia Kecamatan Posigadan.

Pelaksanaan UNBK di SMP Momalia ini telah digabungkan dengan tiga sekolah lainnya yakni SMP Negeri Lion, Satap Luwoo, SMP Negeri Tonala.

Dalam sambutannya Ramli Abdul Madjid, mengucapkan selamat kepada para siswa yang akan mengikuti ujian. “Selamat kepada para siswa-siswi yang mengikuti ujian UNBK. Ini merupakan ujian terakhir dan jangan terlalu tegang dalam menghadapi ujian,” ucap Ramli.

Menurutnya pelaksanaan UNBK merupakan amanat Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan Nomor 74 tahun 2009 tentang Ujian Nasional Berbasis Komputer.

“Ini pertama kali untuk tingkat satuan pendidikan menengah diadakannya ujian Nasional berbasis komputer. Tahun lalu ujian berbasis pensil dan kertas,” kata Ramli.

Lanjutnya, ujian nasional ini bertujuan untuk mengukur hasil pencapaian siswa dan untuk mengukur mutu pendidikan sekolah. “Ujian ini bertujuan mengukur pencapaian dan mutu pendidikan sekolah,” jelasnya.

Sementara itu, pelaksanaan UNBK dilaksanakan mulai Senin 22 hingga Kamis 25 April, dengan mata pelajaran yang di uji diantaranya  pelajaran Bahasa Inggris, Matematika, Bahasa Indonesia dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Diketahui, untuk SMP Negeri Momalia sebanyak 97 peserta, SMP Negeri Tonala berjumlah 81 peserta, SMP Negeri Lion  30 peserta dan SMP Satap Luwoo berjumlah 25 peserta. Turut hadir dalam pembukaan  kegiatan UNBK diantaranya Camat Posigadan Kasman Jauhari, Kapolsek Posigadan, Pengawas Kecamatan Ismail Midu, ASN, serta para guru. (Holan)

Komentar