oleh

Wabup Rusdi Tegaskan Seluruh Masyarakat Boltim Laksanakan Program Stop BABS

BOGANINEWS, BOLTIM – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Rusdi Gumalangit menghadiri Deklarasi Stop Buang Air Besar (BABS), di Desa Bongkudai Baru, Kecamatan Mooat, Kamis (22/8/2019).
Acara tersebut, ditandai dengan penandatanganan dan pembacaan ikrar bersama tentang stop BABS.
Pada kesempatan itu, Wabup menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Desa Bongkudai Baru, yang telah mendeklarasikan stop BABS. Ia juga meminta, langkah ini di ikuti oleh Pemerintah Desa lainnya dengan melaksanakan dan mensosialisasikan stop BABS, kepada masyarakat sehingga perilaku BABS dapat di hentikan.
“Saya menghimbau Pemerintah Desa, agar mendata masyarakat atau Kepala Keluarga (KK), yang belum ada tempat sanitasi (jamban), sehingga bisa di bangun dengan anggaran Dana Desa,” kata Wabub.
Dijelaskannya, stop BABS merupakan salah satu program pemerintah kabupaten, sehingga perlu mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat.
“Stop BABS perlu di aplikasikan oleh seluruh masyarakat, karena sangat berdampak positif bagi kesehatan kita bersama,” jelasnya.
Pemerintah Desa juga, perlu berkoordinasi dengan dinas terkait, agar lingkungan maupun desa bersih, bebas dari penyakit. “Mari tingkatkan kesehatan mulai dari rumah masing-masing, sampai ke lingkungan yang lebih luas,” pintanya.
Turut hadir pada deklarasi stop BABS tersebut diantaranya, Kadis Kesehatan Boltim Eko Marsidi, Camat Mooat Jeane Kapantouw, aparat desa dan tokoh masyarakat se Kecamatan Mooat. (Agung)
Baca Juga:  Ketua PWI Boltim Apresiasi Langkah Bupati Boltim Tangani Covid-19

Komentar

BERITA LAINNYA