Wabup Boltim Himbau Masyarakat Jaga Kamtibmas Jelang Pemilu 2019

BOGANINEWS, BOLTIM – Wakil Bupati (Wabup) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Rusdi Gumalangit, Jumat (22/03/2019) menghadiri apel gelar pasukan yang diselenggarakan Polres Kotamobagu, di alun-alun Boki Hotinimbang Kotamobagu.

Apel gelar pasukan ini dalam rangka persiapan pengamanan kampanye terbuka dan pengamanan menjelang pemungutan suara pada Pemilu 17 April 2019 mendatang. Pada apel pasukan tersebut, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Kapolres Kotamobagu bersama Dandim 1303 Bolmong.

Giat apel gelar pasukan ini, diawali dengan pemeriksaan pasukan oleh Kapores bersama Dandim, di ikuti para tamu dan undangan kepala daerah, serta unsur Forkopimda se- Bolaang Mongondow Raya (BMR). Kemudian dilanjutkan dengan pendandatanganan deklarasi pengamanan oleh Kapolres, Dandim dan pata pejabat yang hadir.

Lewat penyampaiannya Kapolres Kotamobagu AKBP. Gani F Siahaaan mengatakan, Pemilu serentak tahun 2019 merupakan pesta demokrasi Indonesia yang akan menjadi tonggak sejarah kerena dilaksanakan secara serentak Pilpres dan Pileg.

Menurutnya, sukses tidaknya perhelatan demokrasi ini, sangat tergantung pada semua pihak yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung.

“Selain peran pihak penyelenggara seperti KPU, Bawaslu dan DKPP, peran TNI-Polri tentu sangat berpengaruh untuk menentukan suksesnya Pemilu yang jujur dan adil, sehingga pengaman harus maksimal,” jelasnya.

Kapolres juga menuturkan, TNI-Polri selaku institusi yang bertanggung jawab langsung terhadap jalannya pengamanan Pemilu serentak 2019, apabila menemukan hambatan harus dapat mengambil suatu tindakan tegas sesuai dengan prosedur tetap dan aturan hukum yang berlaku. “Tidak ada toleransi sekecil apapun bagi pihak-pihak yang akan mengganggu jalannya pemilu 2019,” tegas Kapolres.

Pada kesempatan itu, Wabup Boltim usai pelaksanaan apel mengatakan, tugas TNI-Polri dan seluruh elemen terkait dalam penyelenggaraan Pemilu serta pengamanan Pemilu, merupakan tugas yang tidak mudah. Oleh karena itu, selaku pemerintah daerah, ia mengimbau agar masyarakat yang ada khususnya di Boltim, untuk turut berpartisipasi dalam hal menyukseskan perhelatan pesta demokrasi ini.

“Sebagai pemerintah, Saya berharap agar seluruh warga Boltim, dapat bekerjasama dengan pihak penyelenggara Pemilu, serta aparat keamanan guna suksesnya Pemilu 17 April mendatang. Jadikanlah perbedaan pilihan itu sebagai corong dalam menjaga silaturahmi dan rasa persaudaraan,” pintanya. (Agung)

Komentar