Wabub Boltim Minta Olahraga Tradisional Lebih Dikenalkan

BOGANINEWS, BOLTIM – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-74, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar lomba olahraga tradisional dengan nuansa rekreasi.
Kegiatan tersebut secara resmi di buka oleh Wakil Bupati Rusdi Gumalangit, di lapangan Ibantong Desa Togid, Senin (5/8/2019). Yang menarik dalam kegiatan ini, berbagai olahraga tradisional dipertandingkan diantaranya, tarik tambang, hadang, bola voli dan bulu tangkis. Masing-masing kecamatan se-Boltim berpartisipasi dengan mengutus tiga tim pada kegiatan yang akan berlangsung hingga 12 Agustus 2019.
Wabup dalam sambutannya menyampaikan, bahwa olahraga tradisional saat ini perlu dihadirkan kembali dan dilestarikan, karena sarat akan muatan positif.
“Saat ini olahraga tradisional mulai punah. Sadar atau tidak, generasi terdahulu sudah enggan mengajak serta anak-anak bermain permainan tradisional. Makanya kita perlu perkenalkan lagi ke anak cucu kita tentang game tradisional,” ajak Wabub.
Wabup juga mengungkapkan, banyak makna yang dapat diperoleh dari bentuk-bentuk permainan tradisional, diantaranya mengasah kerjasama tim dan daya konsentrasi.
“Yang lebih penting banyak dari permainan tradisional yang memberi ruang anak-anak dalam mempererat rasa sosialnya, seperti pertemanan dan bergotong royong,” jelas Rusdi.
Wabup juga berharap, kedepan olahraga ini akan terus digalakkan dan dapat disejajarkan dengan olahraga prestasi lainnya.
“Saya berharap, semua pihak dapat terus melestarikan permainan tradisional ini, serta memperkenalkannya kepada anak cucu, agar mereka tahu bahwa Indonesia memiliki beranekaragaman permainan tradisional yang menarik,” jelasnya. (Agung)

Komentar