Umat Hindu Gelar Upacara Melasti di Pantai Modisi

BOGANINEWS, BOLSEL – Umat Hindu dari Desa Mopugat, Kecamatan Dumoga, Kabupaten Bolaang Mongondow, meluber di lokasi wisata pantai Modisi, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Dengan diiringi bunyi gendang dan gamelan, ratusan peserta upacara adat ini membawa sesajian menuju laut. Sambil memikul patung singa emas yang telah dipenuhi perhiasan. Aroma asap dupa yang telah dibakar, sebagai tanda daerah tersebut telah disucikan.

Menurut I Putu Sudirsa, peserta upacara keagamaan dari Desa Mopugat, ini adalah upacara Melasti, untuk membersihkan Petimo. Upacara pembersihan ini dilakukan dua kali dalam setahun. “Mempersembahkan sesajian sebagai bentuk syukur kepada Sang Pencipta. Baik itu buah, sayuran dan sebagainya,” jelas Sudirsa.

Sementara itu, Rifai Paputungan, pengelola kawasan wisata Modisi mengatakan, ritual keagamaan umat Hindu ini, dilaksanakan setiap enam bulan sekali. “Karena mereka dekat dengan Bolsel, makanya upacara adat ini dilaksanakan di Bolsel,” kata Rifai.

Dalam upacara tersebut, umat Hindu dari Desa Mopugat ini, melepas bebek dan ayam ke bibir pantai, kemudian sesekali mencelupkan hewan tersebut kedalam air. Upacara Melasti ini dipimpin langsung oleh Pandita dari Provinsi Bali. (Holan)

Komentar