Wabup Bolsel Buka Forum Konsultasi Publik RKPD

BOGANINEWS, BOLSEL- Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel)  Deddy Abdul Hamid, mewakili Bupati Hi. Iskandar Kamaru, Senin (20/1/2020) membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Bolsel Tahun 2021 bertempat di aula Kantor Bupati, Kawasan perkantoran di Panango.

Dalam sambutannya Wabup menyampaikan Forum konsultasi publik merupakan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah, tentang pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana pemerintah daerah.

“Di Dalam Pasal 80 ayat 1 disebutkan bahwa, rencangan awal RKPD dibahas bersama dengan kepala perangkat daerah dan pemangku kepentingan dalam forum konsultasi publik dan memperoleh masukan dan masukan penyempurnaan,” jelas Wabup.


Dijelaskannya lagi, forum konsultasi ini untuk menjaring aspirasi masyarakat dan para pemangku kepentingan yang akan dibahas bersama kepala perangkat daerah dengan tujuan untuk memperoleh beragam masukan terhadap sasaran prioritas pembangunan Kabupaten Bolsel tahun 2021.

Setelah dirumuskan akan dituangkan dalam berita acara dan akan menjadi bahan perbaikan dalam penyusunan Rancangan RKPD. “Walaupun sejumlah indikator pembangunan Kabupaten Bolsel menunjukkan angka-angka yang menggembirakan, namun harus diakui masih ada beberapa target pembangunan yang belum optimal, sehingga akan menjadi prioritas utama dalam RKPD tahun 2021,” jelasnya.

Diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut, Sekda Bolsel Marzanzius Arvan Ohy, Kepala Perangkat Daerah, narasumber Dr. Magdalena Wullur, Tim penyusun RKPD, serta tokoh-tokoh masyarakat. (Holan)

Prioritas utama Forum Konsultasi Publik RKPD Kabupaten Bolsel Tahun 2021 :
1. Penanggulangan kemiskinan dan pengangguran
2. Pembangunan infrastruktur
3. Peningkatan SDM
4. Reformasi birokrasi dan mental spiritual masyarakat
5. Pembangunan bidang kesehatan
6. Pembangunan bidang pendidikan
7. Pengembangan pariwisata dan ketahanan pangan
8. Peningkatan investasi, pengembangan pasar dan UMKM
9. Ketentraman dan ketertiban masyarakat
10. Pelestarian lingkungan hidup, pencegahan dan penanggulangan bencana.
Sumber : Pemkab Bolsel

Komentar