KPU Kotamobagu Rakor Pra Pleno Penetapan DPT Untuk Pilkada serentak 2024

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, gelar rapat Pra Pleno, penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), untuk Pilkada serentak 2024.

Kegiatan berlangsung di Hotel Sutanraja, Kotamobagu pada Kamis, 19 September 2024, yang di pandu langsung oleh Komisoner KPU Kotamobagu, Ketua Divisi Perencanaan Data dan Informasi, Heriyana Amir, dan dihadiri oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kotamobagu, Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Rutan Kelas 2B, Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan PKK se-Kecamatan, serta dihadiri langsung Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Awaludin Umbola yang membuka kegiatan tersebut.

Menurut Heriyana Amir rapat kali ini bertujuan untuk memitigasi masalah yang terjadi selama proses Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Untuk tahapan Pilkada, sebelum Rekapitulasi dan penetapan DPT, kami KPU mengelar rapat pra pleno ini bertujuan dan penting untuk mencegah terjadinya permasalahan dalam proses pencermatan DPS, hingga menuju pleno penetapan DPT,” ujar Heriyana Amir.

Ia juga menjelaskan, penetapan Pleno DPT sangatlah penting, karena data pemilih salah satu tolak ukur suksesnya sebuah pilkada.

“Olehnya data pemilih perlu kita kawal bersama, dan kami sudah berupaya dan bekerja keras melakukan proses pemutahiran data pemilih ini. Dimana prosesnya dari hasil perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) selanjutnya menjadi DPSHP, dan draf inilah yang akan kita tetapkan menjadi DPT,” jelasnya.

Senada yang dikatakan Komisioner KPU Provinsi Sulut, Awaludin Umbola, mengungkapkan, Pra Pleno ini sebagian dari koordinasi masing-masing pihak terkait, mulai dari Disdukcapil, Rutan Kotamobagu kelas 2B sebagai TPS Khusus, PPK serta Bawaslu dan Panwascam.

“Pra pleno ini sebagai Koordinasi dalam rangka mengawal hak pilih, karena sangatlah penting dalam proses penetapan DPT, olehnya daftar pemilih merupakan salah satu administrasi pilkada yang harus baik pengelolaannya, karena akan menjadi dasar KPU untuk menyiapkan logistik terutama kertas suara. Makanya kami berharap seluruh hak pilih bagi wajib pilih yang ada di kotamobagu bisa tercover,” tambah Ewin.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar