Kantor BI Perwakilan Sulut, Gelar Festival Syariah di Kotamobagu. Ini Pemenangnya

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), menggelar Festival Ekonomi Syariah (FESyar) di Kota Kotamobagu, yang dilaksanakan di Hotel Sutanraja Kotamobagu, Kamis (23/7).
Menurut Gunawan, Asisten Direktur BI Perwakilan Sulut, kegiatan Fesyar ini merupakan rangkaian kegiatan dari pusat yakni Indonesian Syariah Ekonomi Festival yang nantinya akan diselenggarakan di Jakarta.
“Itu yang level Nasional, yang rencanaya akan dilaksanakan sekitar bulan Oktober dan November 2020 mendatang. Tapi itu semua tergantung situasi akibat adanya Pandemi Covid-19. Nah, untuk di kantor-kantor perwakilan di masing-masing daerah, menyelenggarakan Road To Fesyar sebelum masuk Indonesian Ekonomi Festival. Jadi ini rangkaian-rangkaian pendahuluan sebelum masuk ke acara puncaknya,” jelasnya.
Sebetulnya kata Gunawan, kegiatan ini jika tidak terbentur dengan Pandemi Covid-19, acaranya lebih besar, lebih lengkap dan ada edukasi seperti seminar, pameran, kemudian ada pasar-pasar Islami. Juga ada lomba-lomba kesenian.
“Tapi karena berhubung kondisi seperti ini, maka kita lebih sederhanakan. Nanti acara seperti seminar-seminar akan diselenggarakan secara virtual yang tadinya direncanakan akan diselenggarakan di Kotamobagu,” terangnya.
Lanjutnya, untuk Sulut di pilih dua tempat yakni Manado dan Bolmong Raya dan untuk BMR dilaksanakan di Kota Kotamobagu, untuk memilih kandidat-kandidat yang akan dilombakan di tingkat KTI (Kawasan Timur) seperti tahun kemarin.
“Jadi kita pilih level Sulut, nanti yang terbaik kita akan adu di level KTI, juga akan di bawah ke level Nasional. Sebetulnya jika ada kandidat yang menang di level KTI akan juga dilombakan di level Nasional,” ungkapnya.
Kegiatan ini juga katanya, untuk meningkatkan dan mendorong perkembangan ekonomi dan keuangan syariah khususnya di Sulut, agar menjadi sumber pertumbuhan ekonomi terutama berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Sulut. “Potensi dari syariah sendiri cukup besar khususnya di Bolmong Raya,” ucapnya.
Diketahui, kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari dari mulai 23 – 24 Juli, akan melombakan empat kategori yakni audisi Kesenian Bernuansa Islami, audisi Nasyid, audisi Kaligrafi, audisi Kreasi Busana Berbasis Kain Tenun.
Untuk hari ini, dari kateogori audisi Nasyid, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kotamobagu keluar sebagai juara 1, disusul Madrasah Tsanawiyah (MTs) N 1 Kotamobagu juara II. Sementara audisi Kesenian Bernuansa Islami, MAN I Kotamobagu kembali keluar sebagai juara I disusul MTs N 1 Kotamobagu sebagai juara II dan MTs Al Hikmah Kotamobagu sebagai juara III. (ino)

Komentar