Jalani Isolasi Mandiri, Kediaman RM – SVG dalam Pengawasan Ketat Tim Gugus Tugas Bolsel dan Kotamobagu

BOGANINEWS, BOLSEL – Untuk kepentingan pencegahan penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19) di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), maka tim gugus tugas terus bekerja maksimal.
Terutama pasca ditetapkannya dua publik figur di Bolsel Riston Mokoagow (RM) dan Selviah Van Gobel (SVG), positif terpapar Covid-19. Dari informasi yang berhasil dihimpun menyebutkan, saat ini Tim Gugus Tugas dan Puskesmas se-Bolsel sedang melakukan tracking kepada masyarakat yang memiliki riwayat kontak erat dengan pasien, mengingat salah satu dari pasien RM sempat tidak terdeteksi keberadaanya oleh Tim Gugus Tugas beberapa hari setelah dirinya ditetapkan positif.
Menurut Juru Bicara Gugus Tugas Bolsel, dr Sadly Mokodongan, hingga kini pihaknya sedang melakukan tracking kepada masyarakat yang pernah melakukan kontak dengan pasien. “Tim Puskesmas sedang jalan, tapi belum ada angka yang pasti dari tracking kita. Untuk sementara sudah ada belasan orang,” ungkap Sadly, saat dikonfirmasi (07/09/2020).
Untuk tindak lanjut dari tracking ini kata Sadly, maka warga yang ada kontak akan diperiksa secara intens. Sementara untuk penangan kontak erat dari hasil tracking, bagi yang mempunyai gejala akan langsung di swab. “Yang tidak bergejala kita anjurkan untuk melakukan isolasi mandiri,” jelasnya.
Ia juga mengungkapkan, pihaknya kini sudah menemukan lokasi RM menjalani isolasi mandiri. “Saat ini Riston menjalani isolasi mandiri di Kotamobagu dan sudah dikunjungi oleh Dinas Kesehatan Kotamobagu. Sementara untuk Selviah Van Gobel sedang menjalani isolasi mandiri di kediamannya di Desa Toluaya, Kecamatan Bolaang Uki,” ungkapnya.
Terpisah Juru Bicara Tim Gugus Tugas Kota Kotamobagu, dr. Tanti Korompot, saat dikonfirmasi membenarkan pernyataan dari Gugus Tugas Bolsel. “Sesuai informasi yang kami terima dan sudah dikunjungi, pasien domisili Bolsel tersebut sedang menjalani isolasi mandiri di Kotamobagu. Kita juga sudah melaporkan ke aparat yang bertanggungjawab di wilayah itu. Jadi, jika yang bersangkutan keluar rumah atau menerima tamu tanpa sepengetahuan kami, tentu kami akan laporkan ke pihak yang berwajib,” tegasnya. (Hln)

Komentar