DPRD Boltim Gelar Paripurna KUA PPAS 2020

BOGANINEWS, BOLTIM – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Timur, menggelar rapat paripurna dalam rangka penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) tahun anggaran 2020.
Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Boltim, Marsaoleh Mamonto dan dilaksanakan di ruang sidang kantor DPRD, Rabu (28/08/2019). Pada paripurna itu, Ketua DPRD Boltim mengatakan, rapat penandatanganan nota kesepakatan KUA PPAS tahun anggaran 2020, sudah berdasarkan rapat bersama badan musyawarah DPRD Boltim. “Agenda parupurna ini untuk penandatanganan nota kesepakatan KUA-PPAS tahun 2020,” jelasnya.

Sementara itu, anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Boltim Sofyan Alhabsyi, dalam penyampaiannya mengatakan, KUA merupakan dokumen yang memuat kebijakan bidang pendapatan, belanja dan pembiayaan, serta asumsi yang mendasari untuk periode satu tahun  sebagai penjabaran dari Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), untuk selanjutnya menjadi acuan dalam penyusunan PPAS.

“Sedangkan PPAS merupakan program prioritas sebagai patokan pemberian anggaran bagi SKPD sebagai acuan penyusunan RKA SKPD. Hasil pembahasan KUA dan PPAS ini, nantinya menjadi pedoman utama DPRD dan Pemerintah Daerah dalam penyusunan rencana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD)  tahun anggaran 2020,” terang Sofyan.
Di sisi lain, Bupati Boltim Sehan Landjar, dalam sambutanya mengatakan, KUA PPAS tahun anggaran 2020 merupakan landasan yang hendak dilaksanakan dan ditata dalam rancangan APBD tahun anggaran 2020. “Kerja keras Pimpinan dan anggota DPRD dan tim anggaran pemerintah daerah, diharapkan kesinambungan pembangunan, pemerintahan dan pelayanan kemasyarakatan dapat berjalan sesuai tahapan dan  mekanisme,” kata Bupati.
Bupati juga berharap, tahapan demi tahapan, dalam proses pembahasan dapat berjalan dinamis, sehingga menghasilkan perencanaan penganggaran yang baik. “Ini merupakan harapan kita semuanya. Saya mengapresiasi pimpinan dan anggota DPRD yang telah memberi sumbangsih pemikiran dan koreksi konstruktif untuk penyempurnaan penyusunan rancangan KUA PPAS tahun anggaran 2020,” ucap Sehan.
Rapat paripurna ini turut dihadiri Wakil Bupati Rusdi Gumalangit, Sekretaris Daerah Muhammad Assagaf dan pimpinan SKPD Boltim. (Advetorial)

Komentar