Bupati Bolsel Serahkan Bantuan Kepada Kelompok Nelayan

BOGANINEWS, BOLSEL – Untuk memenuhi kebutuhan peralatan melaut serta meningkatkan kesejahteraan para nelayan, maka Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) Iskandar Kamaru, Kamis (11/10) menyerahkan sejumlah bantuan untuk kelompok nelayan.

Bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolsel ini diantaranya 25 unit perahu tuna jenis Viber beserta mesin tempel 15 PK, serta peralatan pancing kepada 25 kelompok nelayan. Penyerahan bantuan itu dilaksanakan di Desa Pinolosian Selatan Kecamatan Pinolosian, yang dihadiri Ketua Komisi II DPRD Bolsel Dedy Abdul Hamid, pimpinan OPD, Camat, Sangadi (kepala desa) serta para kelompok nelayan.

Bantuan tersebut bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun anggaran 2018. Menurut Bupati Bolsel Iskandar Kamaru, bantuan ini merupakan komitmen pemerintah untuk membantu nelayan dalam meningkatan kesejahateraan dan pendapatan. “Bantuan yang diserahkan 25 unit perahu tuna jenis Viber untuk 25 kelompok nelayan. Setiap kelompok nelayan ini, masing-masing memiliki 10 anggota yang tersebar di Tujuh Kecamatan,” jelas Bupati.

Lanjutnya, selain 25 unit perahu Viber, ada juga 25 unit motor tempel 15 PK dan 25 unit kelengkapan alat pancing perikanan tangkap yang diserahkan. Tujuan pemerintah dalam pengadaan perahu tuna ini, karena perairan Bolsel kaya akan sumber daya alam perikanan dan kelautan, sehingga akan berdampak dalam peningkatan kesejahteraan nelayan.

“Tak hanya kesejahteraan nelayan, tapi akan berdampak pada peningkatan di sektor Pendapatan Asli Daerah (PAD), serta dapat membantu nelayan dalam meningkatkan produksi perikanan tangkap,” jelas Iskandar. Dikatakannya lagi, bantua ini harus disyukuri, karena program ini telah menjadi komitmen pemerintah daerah.

“Kepada kelompok nelayan diharapkan dapat memanfaatkan bantuan ini dengan baik. Bantuan ini dapat mendorong memberikan motivasi kepada nelayan dalam meningkatkan perekonomian masyartakat. Juga kepada instansi terkait, agar dapat terus melakukan monitoring dengan melakukan pendampingan kepada kelompok nelayan,” pinta Bupati. (Holan)

Komentar