20 Anggota DPRD Bolsel Mengikuti Orientasi Pendalaman Tupoksi

BOGANINEWS, BOLSEL – 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (21/10/2019) mengikuti pendidikan dan pelatihan orientasi dan pendalaman Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi), yang dilaksanakan di Qualiti Hotel, Manado.
Kegiatan tersebut dilaksanakan selama tiga hari dan di buka Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Edison Humiang.

Ketua panitia Jahja Rondonuwu dalam penyampaiannya mengatakan, orientasi ini bertujuan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketrampilan, sikap dan semangat pengabdian anggota DPRD dalam melaksanakan tugas pemerintahan daerah dalam kerangka NKRI.
“Kegiatan orientasi ini akan berlangsung selama tiga hari dengan 7 pemateri dan di ikuti 20 peserta. Usai pelaksanaan orientasi, semua peserta akan mendapatkan sertifikat orientasi yang akan dikeluarkan BPSDM Provinsi dengan nomor registrasi dari BPSDM Kemendagri,” jelasnya.
Sementara itu, Asisten I Pemprov Sulut Edison Humiang saat membacakan sambutan gubernur mengatakan, anggota DPRD harus memahami fungsi dan tugas DPRD. Selain itu, anggota legislatif diminta harus dekat dengan masyarakat.
“Ada beberapa hal penting yang harus dipahami anggota DPRD. Harus benar-benar paham tugas, wewenang dan fungsi DPRD. Anggota DPRD Bolsel periode 2019-2024 disarankan untuk membentuk peraturan atau pedoman pokok yang dapat menguatkan posisi DPRD dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, termasuk fungsi pengawasan secara optimal,” jelasnya.
Ditambahkannya,  DPRD juga perlu membuka atau menyediakan wadah komunikasi yang setiap saat dapat diakses secara mudah, murah dan luas oleh masyarakat untuk menyampaikan aspirasi dan informasi kepada DPRD.
“Diharapkan melalui kegiatan ini, kinerja DPRD Bolsel berhasil mendukung visi dan misi pemerintah kabupaten, serta pemerintah provinsi, demi kemajuan daerah dan terwujudnya kesejahteraan rakyat. Mengingat DPRD terdiri dari individu-individu dengan beragam latar belakang. Maka untuk memperkuat fungsi pengawasan, perlu dilakukan kegiatan orientasi,” papar Edison. (Advetorial)

Komentar