oleh

Sesuai Data Disnakertrans, Angka Pengangguran di Boltim Rendah

BOGANINEWS, BOLTIM – Angka pengangguran di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), dapat dikatakan rendah. Sebab sesuai dengan pendataan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dianakertrans) Boltim yang dilakukan setiap 2 tahun sekali, hanya ada 2.464 orang yang tidak bekerja.

Hal ini diungkapkan Kepala Disnakertrans Boltim Irwan Kiay Demak. Dikatakannya, data yang disampaikan terkait dengan angka pengangguran, berdasarkan pendataan yang dilakukan pihaknya pada tahun 2017, data penduduk usia kerja berjumlah 56.511 orang. Angkatan kerja berjumlah 41.771 orang. Penduduk yang bekerja berjumlah 39.376 orang. Tidak bekerja berjumlah 2.464 orang.

Baca Juga:  Pemkab Boltim Gelar Rapat Koordinasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Publik

“Yang dimaksud tidak bekerja (pengangguran) tersebut, adalah yang tidak memiliki pekerjaan tetap,” jelasnya Kamis (20/6/2019). Dikatakannya lagi, dengan data tersebut dapat diasumsikan pada setiap desa yang ada di Boltim ada sekitar 30-an orang.

“Diasumsikan jika dibagi ke 80 desa maka ada 30an orang yang tidak bekerja, termasuk yang cacat dan tidak bisa bekerja karena keterbatasan fisik dan lainnya,” tuturnya.

Sehingga kata Kadis, dapat dikatakan angka pengangguran di Boltim rendah. “Angka pengangguran di Boltim masih tergolong rendah. Meskipun demikian, Disnakertrans Boltim akan melakukan pendataan lagi tahun ini, karena mekanisme pendataanya setiap dua tahun sekali,” jelasnya. (Agung)

Komentar

BERITA LAINNYA