Sehan akan Jadi Khotib Sholat Idul Adha 1440 Hijriah

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Botim), diagendakan akan melaksanakan Sholat Idul Adha 1440 Hijriyah, yang jatuh pada Minggu (11/8/2019), bertempat di Masjid Nur Jannah Tutuyan.

Sesuai informasi dari Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Boltim Hamdi Egam, bahwa Bupati Sehan Landjar, ditunjuk sebagai Khatib, sedangkan bertindak sebagai imam, adalah imam masjid.

“Rencananya Bupati akan jadi khotib, namun jika sampai hari H pelaksanaan shalat Ied nanti Bupati tidak berkesempatan, maka cadangannya Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Boltim Ustadz Kusdi Ismail,” jelas Egam.

Sedangkan untuk hewan qurban, lanjut Kadis, belum diketahui jumlahnya. Karena saat ini sementara dalam pengumpulan di masing-masing kecamatan. Begitupun hewan qurban dari satuan kerja Pemkab Boltim (SKPD), jumlahnya juga belum dipastikan.

“Pemkab Boltim selalu menyumbangkan hewan qurban pada Idul Adha. Pastinya semua masjid di Boltim akan dapat bagian hewan qurban, baik sapi ataupun kambing,” jelas Hamdi.

Terpisah dikatakan Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian Moch Insani, untuk hewan qurban, pihaknya telah melayangkan edaran ke pemerintah wilayah di tujuh kecamatan.

“Kami telah instruksikan kepada pemilik hewan, atau pembeli hewan qurban untuk segera melapor kepada Dinas Pertanian, agar tim turun melakukan pemeriksaan kesehatan hewan sebelum disembeli pada Idul Adha nanti. Tujuannya agar diketahui kelayakan hewan qurban tersebut,” jelas Insani.

Diketahui, pada 2018 lalu, ada 100 ekor hewan Sapi yang diqurbankan, mulai dari kecamatan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), hingga sumbangan dari Presiden RI Joko Widodo. Namun di tahun ini belum dipastikan berapa jumlah hewan qurban baik itu sapi, maupun kambing. (Agung)

Komentar