Remaja Masjid Jadi Sasaran Dinkes Kota Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kotamobagu rencananya akan menggelar Safari Ramadan sehat di setiap Masjid yang ada di desa dan kelurahan.
Menurut Plt Kepala Dinkes Kota Kotamobagu Ahmad Yani Akbar, kalau di Islam ada kajian tentang kesehatan, kalau di kesehatan ada kajian tentang kesehatan. “Nah, sasaran kami adalah masyarakat. Tapi sasaran utama adalah remaja Masjid untuk memberikan pemahaman tentang bahayanya HIV/AIDS, Narkoba serta bahaya Minuman Keras (Miras),” jelas Ahmad, Senin (29/5) siang tadi.
Menurutnya, dengan data yang diterima Dinkes, ada 86 kasus HIV/AIDS, sementara miras berefek pada pemerkosaan dan kekerasaan lainnya. “Nanti kita akan bermitra dengan pihak kepolisian untuk menjelaskan masalah itu. Untuk masalah kesehatan, kita sudah punya program Germa (Gerakan Masyarakat) yaitu latihan fisik 30 menit setiap hari, program makan buah dan sayur serta memeriksa kesehatan secara rutin,” terang Ahmad
Ditambahkannya, rencana ini akan dilakukan seusai sholat tarawih. “Nanti kita komunikasikan dulu dengan Sangadi (Kepala Desa) dan Lurah, tentang jadwalnya terlebih dahulu,” ucapnya. (Ino)

Komentar