oleh

Ratusan Orang yang Baru Kembali Dari Daerah Luar Dipantau

BOGANINEWS, BOLMONG – Masih dalam upaya pencegahan Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolaang Monongdow (Bolmong) tengah melakukan pemantauan terhadap ratusan orang yang memiliki riwayat baru kembali dari luar daerah.
Kepala Dinkes Bolmong, Erman Paputungan, mengungkapkan, data yang diperoleh sampai pada 3 April 2020 sudah meningkat menjadi 510 orang dan ODP 15 orang.
“Lonjakan itu terjadi karena banyak orang yang baru kembali dari luar daerah, diantaranya mahasiswa yang pulang kampung karena ditetapkan libur,” ungkapnya.
Lanjutnya, mereka yang baru kembali ini disebut notifikasi, penambahan data notifikasi dalam penanganan Covid-19, untuk mempersempit definisi orang dalam pengawasan (ODP).
“Notifikasi adalah mereka yang bepergian ke wilayah negara atau daerah terdampak virus corona atau Covid-19, namun tetap dilakukan monitoring mandiri terhadap kemungkinan munculnya gejala selama 14 hari sejak kepulangannya,” ujarnya.
Sementara kata dia, untuk status ODP,  jika seseorang mengalami gejala ringan yang mengarah ke Covid-19. Sedangkan pasien dalam pengawasan (PDP) yang sudah mengarah ke gejala berat seperti Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) dan demam 38 derajat celcius.
“Intinya, semua yang sudah terdata akan melakukan isolasi mandiri serta diawasi oleh Tim dari gugus tugas Covid-19, perkembangan kesehatan mereka,” katanya.(*/ino)
Baca Juga:  Wali Kota Resmikan Data Center dan Command Center Pertama di Sulut

Komentar

BERITA LAINNYA