Puting Beliung “Mengamuk” di Tomini

BOGANINEWS, BOLSEL – Badai puting beliung kembali menerjang wilayah Kecamatan Tomini, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel). Peristiwa puting beliung ini, terjadi Rabu (13/12) dini hari dan merobohkan Tiga rumah warga akibat tertimpa pohon kelapa.


Menurut Camat Tomini, Suprin Mohulaingo, sejak Selasa (12/12) malam, badai puting beliung mulai menerjang dan merobohkan pohon – pohon, bahkan Tiga rumah warga ambruk tertimpa pohon. “Di Desa Botuliodu, Dua rumah yang tertimpa pohon. Dan Satu rumah di Desa Milangodaa,” aku Camat Tomini.

Tak hanya itu, di Desa Pakuku Jaya, Satu rumah ambruk akibat terjangan angin tersebut. Menurut Suprin, usai peristiwa tersebut, pihaknya langsung turun lapangan untuk melihat kondisi rumah warga. “Saat mendapat informasi, saya langsung turun untuk meninjau kondisi di desa – desa,” kata Camat.

Saat ini kata Camat, pihaknya sementara melakukan pendataan terkait kerugian material yang dialami warga pemilik rumah yang tertimpa pohon. Selain itu, pemerintah desa juga langsung diinstruksikan untuk membuat proposal bantuan untuk korban, yang ditujukkan ke Dinas Sosial dan BPBD. “Saya langsung intruksikan pemerintah desa Milangodaa, Pakuku Jaya dan Botuliodu untuk membuat proposal dan diajukan ke instansi teknis,” akunya.

Ia juga mengimbau, agar masyarakat khususnya di Kecamatan Tomini, tetap waspada dengan kondisi ini. Jika perlu masyarakat jangan dulu melakukan aktifitas di wilayah yang banyak pepohonan, karena kondisi alam seperti ini bisa saja terjadi lagi. “Saya minta masyarakat tetap waspada, jangan sampai ada puting beliung susulan,” imbaunya. Beruntung peristiwa terjangan puting beliung tersebut, tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian meterial belum bisa di taksir. (Holan)

Komentar