PIK-R Kotamobagu Mampu Bersaing Hingga Tingkat Nasional

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Permasalahan remaja merupakan permasalahan yang sangat kompleks apalagi di zaman yang serba modern ini. Permasalahan yang cukup memprihatinkan pada remaja saat ini adalah pernikahan dini, perilaku seks bebas dan penyalahgunaan narkoba.

Untuk merespon permasalahan remaja tersebut, maka Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Kotamobagu, membentuk kelompok Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) di setiap sekolah di Kota Kotamobagu.

“PIK-R di Kota Kotamobagu dibentuk sejak tahun 2018. Saat ini sudah memiliki 48 kelompok di setiap sekolah baik SMP dan SMA yang ada di Kota Kotamobagu,” ungkap Sekretaris Dinas PP dan KB Kota Kotamobagu, Sherly Abdulah, Jumat (29/1/2021).

Dijelaskannya, PIK-R adalah pendekatan kepada remaja dan pendekatan kepada orang tua yang memiliki anak remaja melalui pengembangan kelompok Bina Keluarga Remaja (BKR).

“PIK-R dikembangkan dalam program Generasi Berencana (GenRe), dalam rangka penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja melalui pemahaman tentang pendewasaan usia perkawinan, sehingga mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, dan menikah dengan penuh perencanaan sesuai siklus kesehatan reproduksi,” jelasnya.

Terpisah, Faizatunnisa Gonibala, yang merupan ketua Gendre Kota Kotamobagu mengatakan, tujuan utama forum GenRe Kotamobagu mempersiapkan kehidupan berkeluarga berencana bagi remaja.

“Intervensinya khusus remaja, seperti kegiatan konseling, pemberian materi tentang kesehatan reproduksi dan narkoba,” terangnya.

Ia juga menambahkan, forum Gendre 3 tahun terakhir ini selalu terlibat dalam kegiatan baik di tingkatan Provinsi hingga Nasional.

“Alhamdulillah dari pertama ikut Duta GenRe, Kotamobagu selalu mengisi posisi 3 besar. Bahkan kelompok PIK-R terbanyak itu ada di Kotamobagu,” ungkapnya. (Mira)

Berikut prestasi yang di raih Forum Gendre yang beranggota dari PIK-R : 

1. Juara 1 Putri Duta GenRe Sulawesi Utara Jalur Pendidikan 2018 Ade setyaningrum sutrisno

2. Juara 3 Putra Duta GenRe Sulawesi Utara Jalur Pendidikan 2018 Stevanus Manuel Petra Hormati

3. Juara 3 Putri Duta GenRe Sulawesi Utara Jalur Pendidikan 2019 Faizatunnisa Gonibala

4. Juara 3 Putra Duta GenRe Sulawesi Utara Jalur Pendidikan 2019 David Febrian Sindua

5. Winner Duta GenRe Social Media Putri 2019 Namira Anzani Panelewen

6. Perwakilan Sulawesi Utara dalam Kompetisi Sharing session “voice your right” bersama Pik-R/M tingkat Nasional pada ADUJAK GenRe 2019 Putri Syuja Zalfa Alamsyah (Pik-R Bogani SMAN 1 Kotamobagu)

7. Juara 2 Nasional Vlog competition Activity Edukasi Covid 19 kategori “Fungsi Keluarga di Tengah Corona” Ade setyaningrum Sutrisno

8. Juara 3 Nasional Lomba cover theme song bkkbn “Berencana Itu Keren” tahun 2020

9.  Juara 1 Putri Duta GenRe Sulawesi Utara 2020 Ni kadek Aryanti

10.  Juara 3 Putri Duta GenRe Sulawesi Utara 2020 Delila Mamonto

11. Juara 3 Putra Duta GenRe Sulawesi Utara 2020 Moh. Farhan Paputungan

12. Winner Duta GenRe Best Motivator Putra 2020 Marselino Pakasi

Sumber : Dinas PP dan KB Kota Kotamobagu

Komentar