Peringati Sumpah Pemuda, Puluhan Pemuda Kotamobagu Turun ke Jalan

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Memperingati hari Sumpah Pemuda ke 91 tahun 2019, puluhan pemuda Kota Kotamobagu menggelar aksi dan pembacaan puisi di Bundaran Kota Kotamobagu, Senin (29/10/2019) tadi malam.

Menurut salah satu orator, Miranti Manangin, menjelaskan, aksi malam ini dalam rangka merefleksikan kembali Sumpah Pemuda. Menurutnya, 91 tahun ikrar Sumpah Pemuda dikumandangkan oleh ribuan pemuda dari Sabang sampai Merauke, Sumpah Pemuda merupakan sebuah ikrar yang termanifestasi dari latar belakang peran besar pemuda dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Untuk itu saya dan teman-teman selaku pemuda yang masih sadar akan tanggung jawab, malam ini turun ke jalan guna merefleksikan kembali nilai-nilai semangat juang pemuda, dengan tujuan agar dapat diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan pemuda dalam mengahadapi tantangan zaman,” kata Mira.
Aktivis perempuan ini mengatakan, kalau dulu para pemuda berjuang dengan segudang tantangan dalam melawan bangsa penjajah, maka hari ini pemuda disuguhkan dengan segudang tantangan dalam melawan kebodohan dan pembodohan.
“Artinya, kita sebagai pemuda mempunyai peran sentral dalam membangun citra diri sendiri dan bangsa ini dengan memperkuat Iman, memperdalam ilmu pengetahuan, kemudian itu semua dapat diaplikasikan dalam sebuah gerakan moral dalam bentuk sumbangsih pemikiran dan tindakan untuk kemajuan bangsa ini,” katanya.
Usai menyampaikan orasi ilmiah, aksi yang berjalan damai tersebut ditutup dengan pembacaan puisi oleh salah satu pemuda. (*/ino)

Komentar