Penguatan Pangan Dikondisi Pandemi, Pemkab Boltim Berikan Penyuluhan

BOGANINEWS, BOLTIM – Dalam rangka penguatan ketahanan pangan menghadapi pandemi corona virus (Covid-19), maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mogondow Timur (Boltim), memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk ditanami komoditi tanaman pangan termasuk sayuran, rempah-rempah, juga memelihara ternak khususnya unggas agar dapat mendongkrak stabilnya ekonomi juga kebutuhan primer.
Kepala Dinas Pertanian dan Perternakan (Dispernak) Boltim Setiyono mengatakan, langkah ini demi penguatan pangan, sesuai instruksi Bupati di tengah pandemi Covid-19.
“Di instruksikan kepada seluruh personil Dinas Pertanian Boltim baik pejabat struktural, fungsional dan staf, dalam kondisi ini dapat memberikan penyuluhan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan untuk di tanami komoditi tanaman pangan termasuk sayuran. Selain itu, masyarakat juga perlu memelihara ternak, khususnya unggas,” jelas Setiyono Jumat (29/5/2020).
Ia juga meminta, agar seluruh staf bisa berkoordinasi dengan camat, sangadi (kepala desa), serta instansi terkait lainnya dan disetiap kecamatan dikoordinir oleh koordinator BPP setempat. “Segera mungkin dilaksanakan nanti hasilnya dilaporkan melalui para kepala bidang,” terangnya.
Hal ini juga selalu di sampaikan oleh Bupati Boltim Sehan Landjar, saat melakukan sosialisasi kepada masyarakat di setiap desa terkait pencegahan Pandemi Virus Corona.
“Kita harus siap dan lawan virus ini. Juga selalu menjaga jarak, bersih bersih dan jangan ada kontak dengan orang lain dan keluar daerah. Saya menghimbau agar tetap berada di rumah, beraktifitas seperti biasa dan berkebun bagi petani. Bagi nelayan tetap mencari ikan, bagi peternak tetap membudidayakan itu, agar kita tetap stabil dalam penguatan pangan kebutuhan makan sehari-hari,” terang Bupati. (Agung)

Komentar