Pemkot Kotamobagu Gelar Upacara Hari Guru Nasional

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN), Pemerintah Kota Kotamobagu, Senin (26/11)  menggelar upacara di lapangan Hotinimbang Kotamobagu.

Upacara tersebut dipimpin oleh Wakil Wali Kota Kotamobagu, Nayodo Koerniawan SH, yang dalam sambutannya mengatakan, dengan penuh rasa syukur, peringatan hari guru hari ini kita semua masih diberikan hikmat untuk mengabdikan diri di dunia pendidikan demi kemajuan dan kecerdasan putra-putri Bangsa Indonesia.

“Dengan mengusung tema pendidikan jaman sekarang, maka para guru sudah harus lebih meningkatkan profesionalisme dan komitmen,” kata Nayodo saat membacakan sambutan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan  Muhajir Effendy.

Lebih lanjut Nayodo, para guru harus mampu memanfaatkan teknologi informasi yang super cepat demi peningkatan proses belajar serta mengajar, mulai dari membimbing dan mendidik yang merupakan kepribadian serta harus melekat sesuai tugas dan fungsi guru.

“Revolusi industri sudah merambah ke semua sektor harus disikapi dengan arif karena telah mengubah peradaban manusia secara fundamental. Karena itu guru harus memiliki kompetisi sesuai dengan perkembangan zaman,” kata Nayodo.

Diperlukan guru yang profesional, dimana tugas guru tidak hanya menyodorkan ilmu tetapi harus menanamkan nilai pengembangan karakter pada kehidupannya, diantaranya pemanfaatan teknologi yang positif dan bijak.

“Guru profesional memiliki ciri-ciri diantaranya, keahlian dasar, mampu membangun sinergi dengan rekan sejawat dan berjiwa sosial serta berkompetensi sebab dipundak para guru masa depan bangsa digantungkan,” terangnya. (Tr01/Ino)

Komentar