Pemkab Boltim Usulkan Penerimaan CPNS Tahun 2020-2021

BOGANINEWS, BOLTIM – Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), tengah mempersiapkan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Boltim untuk tahun 2020-2021.
Kepala Badan (Kaban) BKPSDM Boltim Rezha Mamonto, membenarkan untuk calon CPNS khusus Boltim saat ini dibutuhkan untuk umum antara lain Tenaga Guru, Kesehatan dan Teknis. Menurutnya, usulan ini guna mengakomodir putra-putri daerah sehingga Pemkab Boltim, mulai  menyusun formasi Calon Pegawai Negeri Sipil Daerah (CPNSD) tahun 2020 dan 2021.
“Saat ini anak-anak daerah sudah banyak mendaftar melalui aplikasi. Memang yang menjadi prioritas pada pendaftaran CPNS adalah anak-anak daerah. Apalagi saat ini masih dalam situasi pendemi Covid-19. Pastinya yang dari luar daerah akan kesulitan untuk datang mendaftar CPNS di Boltim. Kami terus menguyapayakan kearifan lokal yang diutamakan,” jelas Rezha, Kamis (4/06/2020).
Lanjutnya, selain itu yang lebih banyak mendaftar adalah tenaga kesehatan sebanyak 400-an. Sedangkan, perhitungan untuk kebutuhan PNS di Boltim adalah 3.535 orang. Sementara pegawai yang ada saat ini hanya ada 1.986 orang.
“Jadi Boltim masih kekurangan pegawai berjumlah 1.553 orang.
Adapun usulan tahun 2020 ini sesuai dengan formasi berjumlah 949 orang. Sedangkan pada 2021 jumlah pegawai yang dibutuhkan 673 orang. Tentunya ini butuh komunikasi yang intens dengan KemenPAN-RB dan itu sedang kami lakukan agar kouta yang dibutuhkan  dapat terpenuhi,” jelasnya.
Selain itu, pihaknya juga telah menyiapkan sistem digital guna mempermudah anak-anak Boltim mengisi formulir.
“Usia peserta maksimal 35 tahun ke bawah. Untuk pendidikan minimal S1, S2 sampai D3. Batas pengisian formulir melalui sistem digital pada tanggal 30 Mei 2020,” terangnya. (Agung)

Komentar