Pemkab Bolsel Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila

BOGANINEWS, BOLSEL – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Senin (2/10) sekira pukul 07.00 WITA, menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang jatuh pada 1 Oktober 2017 yang dilaksanakan di kawasan perkantoran Panango.

Bupati Bolsel Hi. Herson Mayulu SIP, yang bertindak selaku inspektur upacara dalam upacara tersebut mengucapkan rasa syukur atas karunia tuhan, terlebih peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan bersama Pemkab Bolsel.
“Kita bersyukur di era sekarang ini ada dua momentum Pancasila yang kita peringati setiap tahunnya. Yakni pada 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahirnya Pancasila dan 1 Oktober kita peringati sebagai Hari Kesaktian Pancasila,” terang Bupati pada upacara tersebut.

Dikatakannya, momentum 1 Oktober 2017, mengingatkan peristiwa 52 tahun yang lalu, dimana Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia (G/30 S PKI) berhasil ditumpas. “Saya mengingatkan waspada terhadap gerakan yang ekstrim. Tanamkan dalam diri kita bahwa negara kita ini dibangun berdasarkan Pancasila. Bukan dari agama atau suku dan lain sebagainya. Kita dipersatukan dalam bingkai Bineka Tunggal Ika,” tegas Bupati.

Lanjutnya, peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini, diaplikasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara didasarkan pada Pancasila. “Keamanan di wilayah harus kita jaga dengan baik. Hidup rukun dalam beragama yang dituangkan dalam visi misi religius daerah menjadi dasar utama dalam menjaga ketentraman wilayah, karena kita semua ciptaan tuhan,” jelasnya.

Pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Bolsel, turut dihadiri Wakil Bupati Iskandar Kamarui SPt, para staf ahli dan staf khusus Bupati, para asisten, pimpinan SKPD, Camat dan Sangadi dan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN). (Holan)

Komentar