Pemkab Bolmong Siapkan Anggaran 160 Miliar Jika Disetujui PSBB

BOGANINEWS, BOLMONG Guna melindungi keselamatan 270-an ribu masyarakat Bolaang Mongondow (Bolmong) dari pandemic Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19, maka Pemkab Bolmong telah menyiapkan anggaran sebesar Rp 160 Miliar lewat APBD tahun 2020.

Baca juga : https://boganinews.com/terkini/lindungi-warga-dari-wabah-covid-19-yasti-ajukan-permohonan-psbb-ke-kemenkes-ri/

Anggaran tersebut hasil dari refocusing yang dilakukan dalam APBD Kabupaten Bolaang Mongondow. Menurut Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Rio Lombone, anggaran yang disediakan  untuk menjamin kebutuhan pokok warga yang terdampak Covid-19 dalam rangka PSBB yang saat ini tengah diajukan ke Kementerian Kesehatan.
“Anggaran ini untuk menjamin ketersedian kebutuhan pokok warga kurang mampu selama kondisi pandemic. Jika permohonan PSBB di setujui, maka anggaran itu sudah kami hitung sampai bulan Desember 2020,” aku Rio.
Selain untuk kebutuhan pokok masyarakat kurang mampu yang terdampak Covid-19, anggaran yang disiapkan juga untuk sector pertanian, perikanan dan kesehatan.
“Jadi selain untuk ketahanan pangan, anggaran ini juga untuk ketersedian bibit di mana setiap warga juga minta memaksimalkan pekarangan rumahnya seperti yang dimintakan Sekda beberapa waktu lalu. Selain itu juga sektor perikanan dan kesehatan berupa alkes, obat-obatan dan APD,” ungkap Rio.
Tak hanya itu kata Rio, Dana Desa juga turut berkontribusi dalam pencegahan penyebaran Covid-19. “Termasuk anggaran Dana Desa juga dialihkan untuk PSBB dan pencegahan penyebaran Covid-19. Sepuluh sampai lima belas, wajib dialokasikan,” tergasnya.
Diketahui, Sekda Bolmong Tahlis Gallang, menyampaikan, pihaknya telah melakukan pergesaran
anggaran di masing-masing SKPD yang tidak berhubungan langsung dengan pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Bolmong. (*/ino)

Komentar