Musim Kemarau, Pemkab Boltim Imbau Masyarakat Tak Membuang Puntung Rokok Sembarangan

BOGANINEWS, BOLTIM – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mpngondow Timur (Boltim), melalui Badan Penanggulangan Bencana Alam Daerah (BPBD), menghimbau agar masyarakat tidak sembarang membuang puntung rokok, khususnya di areal perkebunan.
Hal tersebut dikatakan Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan BPBD Boltim Yanto Modeong. Menurutnya, musim kemarau yang terjadi saat ini, sangat rentan dengan kebakaran, terutama kebakaran di areal perkebunan.
“Kami himbau agar warga tidak membuang puntung rokok di areal perkebunan atau di pinggiran jalan, demi menghindari terjadinya kebakaran,” imbau Yanto.
Selain itu, BPBD Boltim juga meminta, agar warga mengurangi aktivitas pembakaran lahan dan hutan, termasuk pembakaran rumput kering terutama yang berdekatan atau berada di wilayah pemukiman warga.
“Kita harus bisa mencegah atau pun meminimalisir terjadinya kebakaran, baik perkebunan, hutan maupun pemukiman warga,” pintanya.
Dikatakannya lagi, koordinasi instansi lintas sektoral, terutama pihak kecamatan diharapkan dapat bekerja sama menginformasihkan hal ini kepada perangkat desa di wilayah kecamatan masing-masing.
“Kami berharap pemerintah kecamatan bisa meneruskan informasi ini ke pemerintah desa, agar himbauan ini bisa sampai ke masyarakat demi menjaga daerah kita terhindar dari bencana, khususnya kebakaran di musim kemarau saat ini,” harapnya. (Agung)

Komentar