oleh

Meriahkan Festival Danau Mooat, Dispar Boltim Gelar Lomba Masakan Khas Boltim

BOGANINEWS, BOLTIM – Untuk meriahkan Festival Danau Mooat (FDM), Dinas Parawasita (Dispar) menggelar lomba cipta menu masak ikan khas Boltim dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) yang ke-11.

Kegiatan yang dipusatkan di Danau Mooat, di buka Wakil Bupati (Wabup) Rusdi Gumalangit, Kamis (18/07/2019) siang tadi. Wabup dalam sambutannya mengatakan, festival ini untuk memperkenalkan wisata kuliner Boltim dalam rangka HUT Kabupaten.

“Saya percaya semua pengurus PKK Boltim mampu memperagakan cara memasak menu ikan dengan cita rasa masakan khas lokal. Ini salah-satu masakan tradisional atau khas Boltim, untuk diperkenalkan kepada para wisatawan sebagai salah satu daya tarik tersendiri,” jelas Wabup.

Lanjutnya, rangkaian semua kegiatan ini merupakan program pemerintah melalui FDM. “Saya berikan suport kepada Dispar Boltim, juga kepada para peserta utusan kecamatan. Selanjutnya, juara bukan jadi ukuran. tetapi bagaimana rasa kebersamaan kita teruma tim PKK se kabupaten Boltim guna mendukung program pembangunan di daerah,” terangnya.

Baca Juga:  Kegiatan Jumbara PKK ke VIII Jadi Ajang Silaturahmi

Semntara itu, Kepala Disparbud Boltim Rizky Lamaluta mengatakan, ada tujuh kecamatan yang mengikuti festival ini yakni, Kecamatan Kotabunan, Tutuyan, Nuangan, Mooat, Motongkad, Modayag dan Kecamatan Modayag Barat.

“Peserta di setiap kecamatan ada tiga orang. Selain peserta dari kecamatan, ada juga perwakilan SKPD Boltim,” ungkapnya.

Ia juga berharap, kedepanya kegiatan seperti ini akan lebih menambah daya tarik wisatawan untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di Boltim.

“Saya berharap di tahun mendatang FDM akan dilaksanakan lebih meriah lagi,” harapnya.

Di sisi lain, Ketua Tim Penggerak PKK Boltim Nursiwin Dunggio menjelaskan, kegiatan lomba menu masak ikan adalah satu-satunya kegiatan Pemda lewat Dispar Boltim untuk menyongsong HUT Kabupaten.

Baca Juga:  Tahun Depan Jembatan Goyo akan Dibangun Permanen

“Terima kasih kepada seluruh utusan desa dan kecamatan yang di dalamnya ada pengurus PKK baik tingkat desa maupun kecamatan. Juga kepada sejumlah instansi yang ikut lomba ini. Sebagai ketua Tim Penggerak PKK, saya sangat mendukung serta mengapresiasi kegiatan ini,” ucap Nursiwin. (Agung)

Berikut Juara Lomba Masakan FDM
– Juara I Desa Bai’ Kecamatan Nuangan dengan nilai 3,884 dan mendapat uang pembinaan Rp 3,5 juta.

– Juara II Desa Liberia Kecamaan Modayag dengan nilai 3,711 dan mendapat uang pembinaan Rp 2,5 juta.

– Juara III Desa Togid Kecamatan Tutuyan dengan nilai 3,595 dan mendapat uang pembinaan Rp 1,5 juta.

Komentar

BERITA LAINNYA