Masalah Sampah Dominasi Keluhan Warga di SIKeMas, Ini Respon Plt Kepala DLH Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGUAplikasi Sistem Informasi Keluhan Masyarakat (SIKeMas) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu mencatat, jumlah keluhan warga yang masuk dari bulan Januari hingga Juli 2019, ada sebanyak 93 pelapor.
Menariknya, dari total pelapor yang masuk, masalah sampah paling mendominasi keluhan warga dengan 35 laporan.
“Paling banyak laporan yang masuk di aplikasi ini, terkait keluhan masalah sampah disekitar warga,” ungkap Kepala Bidang SIKP Dinas Kominfo Kota Kotamobagu, M Fahri Damopolii, belum lama ini.
Selain itu kata Fahri, ada juga keluhan lain terkait masalah infrastruktur, pendidikan, pelayanan, disiplin ASN, tata tertib jalan raya, keluhan waga disekitar lingkungan, hingga keluhan-keluhan lainnya.
“Semua laporan yang masuk itu langsung kami tindak lanjuti ke instansi terkait. Hanya saja, masih ada yang belum, seperti masalah keluhan infrastruktur menurut instansi terkait masih akan diusulkan anggarannya,” terangnya.
Menanggapi banyaknya keluhan terkait masalah sampah tersebut, Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Kotamobagu, Bambang Irawan Ginoga menjelaskan, bahwa setiap tahun peningkatkan jumlah sampah itu terus meningkat, apalagi ada hari-hari besar. Selain itu, terkadang, kendaraan pengangkut sampah juga ada yang berhalangan.
“Tetapi, kalau lalu biasa cuma sekali pengangkut dalam sehari, sekarang sudah pagi dan sore. Sehingga, kami akan berusaha sekuat tenaga, jika masih ada sampah-sampah yang tersisa kami akan berusaha menyelesaikannya,” ucapnya. (ino)

Komentar