Lewat Program Pamsimas, Warga Kotabunan Selatan Siap Nikmati Air Bersih

BOGANINEWS, BOLTIM – Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) adalah salah satu program yang dilaksanakan oleh Pemerintah dengan dukungan Bank Dunia. Program ini akan dilaksanakan di wilayah pedesaan dan pinggiran kota.

Dengan adanya air bersih dan sanitasi yang baik di lingkungan desa, menjadi salah satu kunci dalam menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Seperti di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), atau tepatnya di Desa Kotabunan Selatan (Kotsel) misalnya, program Pamsimas tahun ini dipacu Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Menurut Sangadi (Kepala Desa) Kotabunan Selatan, Rengga Paputungan mengatakan, tahun ini warganya siap menikmati air bersih.

“Untuk air bersih ini anggarannya sudah keluar kurang lebih 200 juta. Mudah-mudahan tahun ini warga Kotsel sudah bisa menikmati air bersih,” kata Paputungan, Rabu (10/7/2019).

Lanjut dia, untuk jaringan airnya semuanya sudah kami pasang, dan tinggal pembuatan bak induk.

“Jika bak induk sudah kami bangun, masyarakat Kotsel sudah akan menikmati air bersih,” ucapnya.

Untuk pembangunan bak induk ini kata Sangadi, ada dua titik yang kami survei.

“Kalau tidak di Perkebunan Ongkobu, bak induk akan kami bangun di lokasi Tapa. Mudah-mudahan semuanya akan berjalan lancar sesuai rencana, biar masyarakat Kotabunan Selatan cepat menikmati air bersih,” katanya. (Agung)

Komentar