KWT Mawar Motongkad Manfaatkan Perkarangan dengan Rubita

BOGANINEWS, BOLTIM – Kelompok Wanita Tani (KWT) Mawar, Desa Motongkad Selatan, Kecamatan Motongkad, Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), manfaatkan perkarangan melalui program Pemerintah Rumah Bibit Tanam (Rubita). Pemanfaatan Rubita ini untuk meningkatkan gizi dan pendapatan keluarga.

Melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Boltim, KWT memanfaatkan perkarangan dengan membuat bangunan Rubita untuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di beberapa desa. Seperti desa Bai, desa Atoga Timur, desa Buyat dan Desa Motongkad Selatan.

Menurut Kepala DKP Boltim melalui Kabid Konsumsi Kesna Lamaega, hal ini sesuai program pusat, dimana sasarannya ibu-ibu rumah tangga.

“Tujuanya untuk peningkatan gizi dan pendapatan keluarga. Bantuan ini sesuai usulan proposal KWT yang anggaranya bersumber dari APBD,” jelas Kesna, Senin (22/4/2019).

Ia juga mengungkapkan untuk bantuan bukan hanya bangunan Rubita, tapi sekaligus bibit sayuran seperti Bawang Rica Tomat (Barito) dan Tanaman Obat Keluarga (Toga).

“Demi peningkatan gizi dan pendapatan keluarga, kami juga akan menyalurkan bibit tanaman seperti bibit sayuran, Bariti, Toga, hingga sampai tahap pengawasannya,” jelasnya.

Terpisah yang dikatakan Ketua KWT Mawar, Agustina Harikadua, dengan adanya bantuan ini lebih mempermudah mereka untuk membudidayakan tanaman.

“Terima kasih kepada Pemerintah Daerah Boltim, karena sudah memberikan bantuan bangunan Rubita. Dengan adanya ini, kami akan lebih proaktif untuk memproduksi dalam pemanfaatan pekarangan tanaman sayuran, rempah rempah dan Toga. Dengan adanya bangunan ini, bibit tanamanya aman dan terawat di dalam rubita,” terangnya. (Agung)

Komentar