Kukut Biru di Desa Komangaan, Berpotensi Jadi Destinasi Wisata Unggulan di Bolmong

BOGANINEWS, BOLMONG Salah satu desa di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong), memiliki keindahan alam yang berpotensi menjadi salah satu tempat wisata unggulan.
Potensi wisata alam tersebut adalah Kukut biru yang berada di Desa Komangaan, Kecamatan Bolaang. Kukut Biru ini merupakan sungai yang airnya dikenal dingin, serta memiliki warna unik yakni biru kehijauan. Sungai ini sudah lama digunakan masyarakat setempat untuk menikmati keindahan alam dan tempat permandian.
Tak hanya itu, sekira 10 meter dari Kukut Biru, terdapat aliran air belerang yang hangat. Berendam air belerang dapat membuka pori-pori yang pada akhirnya menyerap mineral bermanfaat dan mengolahnya menjadi nutrisi yang bermanfaat untuk kulit. Selain itu, merendamkan kaki di air belerang juga memiliki manfaat untuk mengurangi sakit kepala dan meredakan flu.
Bahkan, tak jauh dari kedua aliran air itu, terdapat juga bukit yang memiliki goa alam yang dapat menarik perhatian bagi para wisatawan lokal untuk menjelahinya.
Menurut Sangadi (Kepala Desa) Komangaan, Sabir Paputungan, lokasi Kukut Biru termasuk goa alam, telah masuk dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Desa untuk dikelola menjadi destinasi wisata alam unggulan desa tersebut.
“Sudah masuk dalam usulan Musrenbang Desa. Seharusnya sudah mulai running tahun 2020 ini. Tetapi karena ada Pandemi COVID-19, sehingga masih tertunda,” kata Sabir.
Lanjut Sabir, pihaknya masih tetap memprioritaskan Kukut Biru sebagai destinasi wisata. “Hanya tertunda, tapi tetap akan jadi salah satu prioritas usai Pandemi COVID-19. Insya Allah tahun depan pengelolaannya sudah mulai berjalan,” jelas Sabir. (ino)

Komentar