Beranda Kotamobagu Ziarah ke Makam Datoe Binangkang dan Raja DC Manoppo, Wali Kota Dampingi...

Ziarah ke Makam Datoe Binangkang dan Raja DC Manoppo, Wali Kota Dampingi Pjs Gubernur Sulut dan Ustad Yusuf Mansur

0
BAGIKAN
Istimewa
BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pejabat sementara (Pjs) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut), Dr Drs Agus Fatoni, M.Si. bersama Ustadz Yusuf Mansur, Jumat (30/10) melakukan ziarah ke makam leluhur Bolaang Mongondow. Kedatangan kedua tokoh tersebut didampingi langsung oleh Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara serta turut hadir juga Bupati Bolaang Mongondow Dra Hj Yasti Soepredjo Mokoagow.
Dari pantauan media ini, rombongan tersebut terlebih dahulu mendatangi Makam Datoe Loloda Mokoagow yang terletak di wilayah perkebunan Desa Poyow Besar Kecamatan Kotamobagu Selatan. Setelah itu ke makam Raja Datoe Cornelis Manoppo di Kelurahan Matali Kecamatan Kotamobagu Timur.
Di makam tersebut Pjs Gubernur dan Ustadz Mansur menggelar do’a bersama rombongan, untuk para leluhur. “Terima kasih kepada bapak Gubernur dan Ustadz Yusuf Mansur yang sudah berkunjung ke makam leluhur Bolaang Mongondow,” ucap Sekertaris Kota Kotamobagu, Ir Sande Dodo, yang juga hadir dalam agenda tersebut
Diungkapkan Sande, Pemkot Kotamobagu juga akan memprioritaskan pelestarian situs-situs sejarah yang ada di Kota Kotamobagu. “Kedepan akan dialokasikan juga anggaran untuk pelestarian seluruh situs-situs sejarah dan budaya peninggalan kerajaan Bolaang Mongondow masa lampau yang ada di Kota Kotamobagu,” terangnya.
Disisi lain, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu Anki T Mokoginta mengatakan, saat ini juga pihaknya tengah melakukan pendataan seluruh situs bersejarah di Kota Kotamobagu. “Ini kami lakukan agar histori (Sejarah) dan informasi kejayaan Bolaang Mongondow di masa silam tidak akan hilang dan tersampaikan kepada masyarakat. Khususnya kepada generasi kita,” kata Anki. (St)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.