Simulasi Vaksinasi Covid-19, Mulai Digelar di Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Motoboi Kecil yang terletak di Kecamatan Kotamobagu Selatan, hari ini Rabu (13/1/2021) menggelar simulasi vaksin Covid-19.
Menurut Kepala Puskesmas Motoboi Kecil Linda Mokodongan, simulasi ini dilakukan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan vaksin Covid-19 nanti.
“Terutama masalah fasilitas dan untuk edukasi kepada masyarakat, sehingga pada saat pelaksanaan penyuntikan vaksin Covid-19 bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” akunya.
Dalam simulasi tersebut, Linda juga menununjukan fasilitas pelayanan dan tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan sesuai prosedur yang sudah ditentukan.
“Tahapan ini sangat penting, seperti meja pertama tempat pendaftaran atau skrining, lalu selanjutnya pelaksanaan vaksinasi, lalu pencatatan pelaporan,” jelasnya.
Sesudah memenuhi tahapan itu kata Linda, warga yang sudah melaksanakan vaksin Covid-19 tidak boleh langsung pulang, tapi harus menunggu hingga sekitar 30 menit.
“Tiga puluh menit harus menunggu di area yang telah disiapkan dan terpantau untuk mengetahui kejadian pasca imunisasi,” terangnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kotamobagu dr Tanty Korompot menjelaskan, bahwa simulasi vaksin Covid-19 ini bertujuan untuk memberikan pembekalan teknis kepada petugas di fasilitas kesehatan menjelang pelaksanaan vaksinasi dan para calon penerima vaksin.
“Mengingat ada berbagai tahapan dan syarat sebelum diberikan vaksin. Selain itu, agar pada hari H nanti kita sudah bisa mengantisipasi kekurangan saat di lapangan,” tuturnya.
Saat disinggung terkait kedatangan vaksin Covid-19 ke Kotamobagu, Tanty sendiri belum dapat menyebutkan kapan pastinya vaksin itu akan tiba.
“Kami masih menunggu instruksi dari Dinkes Provinsi Sulut untuk penyaluran ke Kotamobagu,” tambahnya. (Mira)

Komentar