RSUD Kotamobagu Sudah Miliki TCM untuk Uji Swab Covid-19

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu saat ini sudah memiliki alat tes cepat molekuler (TCM) untuk melakukan pemeriksaan swab bagi pasien yang diduga terpapar Covid-19.

“Memang benar RSUD Kotamobagu  yang merupakan rumah sakit kebanggaan warga Kotamobagu itu sudah memiliki alat pemeriksaan Covid-19,” kata Direktur Eka Budiyanti, Jumat (19/6/2020)

Lanjutnya, alat tersebut bantuan dari kemenkes RI dan alat tersebut baru dipergunakan. “Untuk mengoperasionalkannya, petugas medis mendapatkan pelatihan dari Kemenkes hingga akhirnya bisa melakukan pemeriksaan Covid-19,” ungkapnya.

Dikatakannya, alat tersebut saat ini berada di ruang Instalasi Laboratorium  RSUD Kotamobagu, ruangan itu disebutnya telah memenuhi standar bio safety level 2. Sudah ada ODP dan PDP yang diperiksa menggunakan alat itu sejak dioperasikan. “Sekarang RSUD Kotamobagu bisa melakukan pemeriksaan  Covid-19 sehingga tidak perlu ke Jakarta dan manado untuk kirim swab dan hasil final pemeriksaan sudah dapat diketahui dengan cepat,” katanya.

Selain itu katanya, Kemenkes menginstruksikan agar alat TCM itu digunakan hanya untuk memeriksa ODP dan PDP karena keterbatasan cartridge dari Kemenkes. “Sehingga untuk penapisan atau screening, cukup menggunakan tes cepat (rapid test).Dan untuk hasil dua pasien positif hari ini, hasil dari alat TCM tersebut yang baru kita gunakan,” akunya.

Dikatakannya juga, pemeriksaan dengan alat TCM itu sudah bisa mendapatkan hasil final, dan hasilnya akan dikirimkan ke rumah sakit yang merujuk, sehingga bisa segera untuk melakukan follow-up penanganan kepada pasien. “Tahapan pemeriksaan menggunakan alat TCM hampir sama dengan test PCR (polymerase chain reaction) yakni diambil swabnya dua kali pada hari pertama dan kedua,” terangnya. (St)

Komentar