Pj Wali Kota Bersama Rektor UDK dan Forkompinda Se-BMR Letakan Batu Pertama Pembangunan Universitas Dumoga Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Penjabat Wali Kota Kotamobagu, Dr. Drs. Asripan Nani, M.Si, yang juga menjabat sebagai Pembina Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri (YPKM) bersama Rektor Rektor UDK, Dr. Muharto, SPd.i, S.E, M.Si letakan batu pertama pembangunan Universitas pertama di Bolaang Mongondow Raya (UN BMR), atau Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK).

Pembangunan gedung baru UDK yang berlokasi di desa Poyowa Besar I Kecamatan Kotamobagu Selatan pada hari Selasa, 6 Agustus 2024, ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Pj Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, Rektor UDK, Kapolres Kotamobagu, Kepala Kejari Kotamobagu, Dandim 1303 Bolmong, dan para pejabat kepala Daerah se-BMR.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kotamobagu sebagai Pembina Yayasan Pendidikan Kotamobagu Mandiri (YPKM),

mengapresiasi kontribusi UDK dalam progres pembangunan dan perhatian untuk mencerdaskan masyarakat BMR.

“Alhamdulillah ini adalah langkah awal untuk kita bersama sama mensukseskan dunia pendidikan di BMR, dan menaikkan ipm SDM. Tak lupa pula Kita berterima kasih kepada pak Fujiwara, yang telah mempelopori pembangunan kampus di Bolaang Mongondow Raya. 35 tahun perjalanan, dan kini UDK akan memiliki gedung baru,” ujar Pj Wali Kota Kotamobagu.

Pj Wali Kota menambahkan dengan pembangunan gedung baru, diharapkan dapat memperbaiki angka indeks pembangunan manusia (IPM) di BMR, khususnya Kota Kotamobagu.

“Dengan pembangunan kampus ini, peningkatan sarana dan prasarana fasilitas pendidikan, minimal dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Bolaang Mongondow Raya,”ujarnya.

Sementara itu, Rektor UDK, Dr. Muharto, SPd.i, S.E, M.Si mengatakan, ini adalah awal dan komitmen dalam terus mencerdaskan anak bangsa, tak terkecuali melalui pembangunan fasilitas pendidikan.

“Tentunya saya sangat bersyukur atas dukungan Masyarakat dan Pemerintah untuk pembangunan kampus UDK. Universitas ini juga masih dalam perubahan nama dari UDK akan menjadi Universitas Bolaang Mongondow Raya (UBMR), maka kampus ini menjadi milik Bolaang Mongondow Raya,” kata Rektor UDK.

Menurutnya Proses pembangunan ini, menjadi komitmen untuk membangun kampus baru di Kotamobagu.

“Degan dukungan semua masyarakat BMR dan Pemerintah, ini adalah komitmen kami, untuk mendirikan mimpi dan visi masyarakat, agar memaksimalkan proses Tridharma perguruan tinggi di Kotamobagu.

Insya Allah dengan begitu, niat kita membangun impian harapan yang baik selalu di permudahkan,” ucap Muharto.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR) khususnya, bahkan se-Sulut untuk bisa kuliah di Universitas Dumoga Kotamobagu.

“Kami mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mendukung perguruan tinggi di BMR, menuju universitas Bolaang Mongondow Raya, karena menurut saya Pendidikan sangatlah penting untuk generasi penerus bangsa anak anak kita. Mari kuliah di Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) pendaftaran telah dibuka untuk program studi S1 Hukum Bisnis (S.H), Ilmu Lingkungan (S.Ling) Ilmu Perikanan (S.Pi), Kehutanan, Agroteknologi (S.P), dan Manajemen (S.E), Daftar sekarang untuk mendapatkan kesempatan memperoleh Beasiswa Rektor, program Bogani Smart biaya pendidikan orang tua kurang mampu, orang tua PNS dan pengusaha,” ucap Rektor UDK.

Adapun dalam kegiatan peletakan batu pertama pembangunan Universitas Dumoga Kotamobagu, di Poyawa besar 1, mendapatkan dukungan dari para pejabat pemerintah daerah se-BMR bahkan dari pengusaha dan BUMN juga sponsor, seperti sumbangan bahan bangunan Semen sebanyak 3.475 sak, saat agenda berlangsung.

Turut hadir dalam acara tersebut, Forkompinda, Kapolres Kotamobagu, AKBP Irwanto SIK MH, Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar, SH, MH, Dandim 1303 Bolmong Para Asisten perwakilan kepala daerah se BMR, OPD Pemkot Kotamobagu, pendiri UDK Hi Wi, Rektor, Dekan dan Mahasiswa/Siswi UDK, tokoh masyarakat tokoh agama dan OKP.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar