Penuh Haru, Pisah Sambut Pj Wali Kota Kotamobagu yang Lama Asripan Nani dan Penjabat Baru Abdullah Mokoginta

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Berlangsung di Rumah Dinas (Rudis) Wali Kota, Pisah sambut antara Penjabat Wali Kota Kotamobagu, dari Penjabat Lama Asripan Nani kepada Penjabat baru Abdullah Mokoginta, pada hari Rabu (14/8/2024) penuh haru pesan dan kesan.

Pada kesempatan tersebut Kesan dan pesan Pejabat Wali Kota yang lama Asripan Nani selama menjabat 11 bulan lamanya di pemerintahan Kotamobagu dalam pelayanan masyarakat, Ia menuturkan semua peristiwa ini, tidak ada secara instan maupun secara tiba-tiba, semua atas kontrol dan kuasa Allah SWT, dan prosesnya secara alamiah.

“Sebagai manusia tidak pernah membayangkan ada Sertijab itu, atau sejarah itu. Semua atas ijin maha kuasa. Saya dan Pj Walikota Kotamobagu pak Abdullah Mokoginta adalah sahabat, bahkan keluarga yang sama-sama tinggal di kelurahan Kotobangon, juga sampai bekerja di provinsi kita sama-sama. Ini proses kami selama bekerja melayani masyarakat sampai di titik ini,” tutur Asripan Nani.

Ia pun menceritakan sedikit alasannya mundur dari jabatan Pj Wali Kota. Yang dimana sekitar tanggal 15 bulan lalu, Ia telah memberikan surat pengunduran diri ke Kemendagri.

“Saya memberikan pengunduran diri saya di Kemendagri sebagai penjabat Wali Kota Kotamobagu, juga permintaan pensiun sebagai aparatur sipil negara (ASN). Itulah proses pilihan dan ikhtiar saya. Karena ada pepatah, juga lirik lagu ‘ada pertemuan pasti ada perpisahan”, ucap Asripan Nani.

Adapun Kesan Asripan Nani selama di sini, Ia mengatakan peradaban masyarakat Kotamobagu sangat luar biasa, karena tatanan masyarakat Kotamobagu menjaga nilai – nilai luhur bobahasaan.

“Kesan saya sesuai moto Bolaang Mongondow, Mototompiaan Mototabian bo Mototanoban’, baku bae’ baku sayang, dan baku Inga’. Warga Kotamobagu tidak membedakan suku ras dan lainya, hidup rukun damai, harmonis dan bersahaja. Sampai Forkompinda itu akur dan saling membantu, dan seluruh pegawai semua disiplin sopan santun, dan melayani masyarakat Kotamobagu yang diusianya sekarang maju pesat, dan luar biasa,” aku Asripan Nani.

Menurutnya, selama Ia bertugas 11 bulan di Kotamobagu, semua tenaga dan pikirannya di tuangkan dan dilaksanakan sebaik mungkin.

“Saya bekerja semampu dan sesuai tanggung jawab, amanah yang diberikan. Saya selalu terbuka menerima saran pendapat dari siapapun dan kita diskusikan bersama. Maka dari itu permohonan maaf saya dan keluarga, jika ada salah kata dan perilaku saya kepada semua ASN, juga masyarakat. Saya mohon doa dan pamit kepada seluruh masyarakat Kotamobagu.

Saya tidak akan melupakan Kotamobagu, karena di sini juga kampung saya, di kelurahan Kotobangon. Terimakasih masyarakat Kotamobagu,” ujar Asripan Nani.

Terpisah sambutannya Pj Wali kota Kotamobagu yang baru, Abdullah Mokoginta SH, MSi, mengatakan Alhamdulillah dan terimakasih kepada bapak Asripan Nani atas pengabdian dan dedikasi selama menjabat di Kotamobagu.

“Awalnya saya tidak pernah terpikirkan untuk bekerja di provinsi Sulawesi Utara. Saya hanya berfikir, berkarir, bekerja di Kotamobagu, namun atas ijin Allah SWT, saya di tarik ke provinsi selanjutnya di tunjuk Pj Sekda dan Definitif di Bolmong, dan sekarang saya ditunjuk lagi bapak Gubernur Sulawesi Utara sebagai Pj Walikota Kotamobagu, mengantikan pj Wali kota ‘guhanga’. Pergantian ini saya tegaskan karena bapak Asripan mengundurkan diri dari jabatan pj Walikota dan pensiun dari ASN. Makanya saya di tunjuk untuk melanjutkan kinerja, juga program pemerintah pembangunan Kotamobagu. Itulah proses ikhtiar manusia, dan ketetapan oleh Maha kuasa,” jelas Abdullah Mokoginta.

Lebih lanjut Abdullah mengatakan, dirinya diberikan amanah sebagai Pj Wali Kota Kotamobagu oleh Gubernur Sulut, untuk mengisi kekosongan dan tugas pemerintahan.

“Pesan pak Gubernur Sulut jaga stabilitas keamanan, berikan pemahaman, pendidikan pemilih cerdas kepada masyarakat, perkuat koordinasi degan Forkompinda di masa hajatan pesta demokrasi (pilkada serentak). Tingkatkan pelayanan publik, menarik investor, pengendalian inflasi atau tekan angka kemiskinan ektrim, dan melayani masyarakat degan baik. Itu pesan bapak Gubernur Sulut,” Pungkas Abdullah Mokoginta.

Kegiatan juga turut dihadiri anggota DPRD Kota Kotamobagu, Adrianus Mokoginta SE,. Dandim 1303 Bolaang Mongondow., Letkol. Inf. Fahmil Harris., S.I.P., Kepala Kejaksaan Negeri Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar., S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Kota Kotamobagu, Jifly. Z. Adam., S.H., M.H., Wakapolres Kotamobagu, Kompol. Arie Prakoso., S.I.K., M.H.,, Hj. Siti Fatmah Fitriana Nani Buhang, S.E., para pimpinan Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah Kota Kotamobagu, Sofyan Mokoginta, S.H., M.E., para Asisten dan para pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Kotamobagu, para pejabat Staf khusus Wali Kota, para pimpinan Perguruan Tinggi, para Camat, Lurah dan Sangadi, para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan Tokoh Perempuan, ormas dan keluarga tamu undangan.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar