Matangkan Tahapan Pilkada Serentak, KPU Kotamobagu Rakor Penyusunan Rekapitulasi Daftar Pemilih DPSHP

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kotamobagu, melalui Ketua Divisi (Kadiv) Perencana Data dan Informasi, Heriyana Amir, Senin (2/9/2024), menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka persiapan dan penyusunan rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP),

Rakor ini dibuka langsung oleh Komisoner KPU Kotamobagu Kadiv Heriyana Amir bertempat di Aula Kantor KPU Kotamobagu, yang dihadiri Bawaslu Kotamobagu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panwascam se- Kecamatan Kotamobagu, Kepala Dinas Disdukcapil, juga unsur TNI dan Polri.

Menurut Heriyana Amir tujuan Rakor ini adalah untuk mempersiapkan pemutakhiran data pemilih, serta memastikan tidak ada pemilih yang tidak terdaftar hak pilihnya.

“Untuk tahapan dalam pemutakhiran data, mulai dari pencocokan dan penelitian (coklit) hingga DPSHP, memegang peranan penting dalam memastikan hak pilih warga terlindungi dan proses Pilkada berjalan dengan baik, jadi rakor ini, Kami KPU Kotamobagu ingin memastikan bahwa data pemilih sudah benar-benar akurat dan mutakhir. Setiap PPK sampai tingkat PPS harus melakukan pemutakhiran data dengan teliti, agar tidak ada pemilih yang kehilangan haknya dan seluruh proses pemilihan bisa berjalan lancar,” tegas Heriyana Amir dalam Rakor bersama.

Ia juga menegaskan PPK/PPS di seluruh kecamatan harus proaktif dalam menyelesaikan permasalahan terkait daftar pemilih, terutama yang berhubungan dengan pemilih ganda atau yang belum memiliki status kependudukan yang jelas.

“Jelas ya, harus segera menuntaskan semua permasalahan terkait pemilih yang belum berstatus, dan tidak boleh menunda-nunda tindakan. Semua data harus diunggah dan divalidasi dengan benar sebelum pleno dimulai,” pintanya.

Ia juga berharap seluruh peserta agar selalu berkoordinasi dengan pimpinan di daerah masing-masing apabila menemukan masalah dalam data pemilih.

“Sehingga semua kendala dapat segera diselesaikan sesuai prosedur yang berlaku. dan jaminan hak suara masyarakat terjamin pilkada serentak berjalan aman baik, jujur dan adil,” pungkasnya.

Reporter: Agung Mokodompit

Komentar