Mata Air Abadi di Desa Tabang Berpotensi Jadi Objek Wisata di Kotamobagu

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Mata air Abadi yang berolakasi di Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu Selatan, saat ini berpotensi menjadi salah satu jadi objek wisata di Daerah Kota Kotamobagu yang patut dikunjungi.

Dari cerita turun temurun, mata air abadi “Kotagatan” ini,  telah ada sebelum Desa Tabang berdiri.  Hanya saja kapan persisnya ditemukan, belum bisa dipastikan.

Menariknya lagi, mata air ini tidak pernah kering meskipun saat kemarau. Hingga kini sumber mata air tersebut masih terus dimanfaatkan masyarakat desa Tabang dan sekitarnya.

Menurut Sangadi (Kepala desa) Tabang, Frits Junius Dilapanga, beberapa puluh tahun lalu pernah terjadi kemarau sehingga mengharuskan masyarakat Passi datang mengambil air dari Kotagatan ini.

“Pernah terjadi kemarau di wilayah Bolmong waktu itu. Masyarakat dari Passi datang mengambil air disini,” terangnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kemarau pernah terjadi beberapa tahun lalu di Kotamobagu, namun tidak berpengaruh pada sumber mata air. Menyadari desanya memilik potensi SDA, Junius selaku Sangadi  dengan memanfaatkan Dana Desa (Dandes), merawat dan menjadikan mata air Kotagatan sebagai salah satu destinasi wisata desa.

“Saat ini mata air Kotagatan jadi salah satu tempat wisata desa. Kita buat jalan masuk, supaya mempermudah pengunjung, baik warga desa atau dari luar desa Tabang. Alhamdulilah juga, dengan adanya Dandes ini kami bersyukur bisa mengangkat potensi yang ada di desa,” katanya. (tr01/ino)

Komentar