KAHMI dan PWI Kotamobagu Sukses Gelar Kegiatan Donor Darah

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kota Kotamobagu dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Kotamobagu, bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Bolaang Mongondow (Bolmong), Sabtu (16/11/2019) menggelar kegiatan aksi donor darah di Café Korot Kotamobagu.

Menurut Ketua Presidium KAHMI Kota Kotamobagu Lucky C Makalalag, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan. “Dalam kegiatan ini, kami juga mengajak kerja sama dari PMI dan PWI, untuk mengadakan aksi donor darah gratis. Selain sebagai bentuk peduli kemanusiaan, juga bertujuan agar stok darah di PMI selalu tersedia ketika ada yang membutuhkan,” terang Lucky.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Kota Kotamobagu Gunady Mondo mengaku, aksi donor darah bersama KAHMI dan PMI merupakan langkah awal PWI Kota Kotamobagu dalam membangun silaturahmi dengan organisasi khususnya yang ada di Kota Kotamobagu.
“Alhamdulillah antusias para pendonor yang ingin mendonorkan darah mereka luar biasa. Bahkan, tadi masih ada yang berdatangan ingin mendonorkan darah mereka namun kantongnya terbatas. Semoga lewat kegiatan sosial ini dapat membantu PMI untuk menambah stok darah,” kata Gunady.
Sementara itu, Hartono Bin Karno, A.P.ttd, Urusan Pelestarian Donor Darah Sukarela (P2D2S) PMI Bolmong, mengatakan, kegiatan-kegiatan seperti ini terkadang kurang memenuhi kebutuhan yang ada di UPTD PMI Bolmong.
“Kesadaran si pendonor kadang kala mungkin masih kurang, tapi alhamdulillah dari Instansi-instansi maupun perusahaan-perusahaan banyak yang melakukan giat donor darah per tiga bulan, bahkan dua bulan mereka sudah lakukan, sehingga stok darah masih terlayani walaupun terkadang masih kurang,” jelasnya.
Diungkapkannya juga, kebutuhan satu orang saja membutuhkan minimal 5 sampai 10 kantong, sehingga kebutuhan dalam satu bulan itu sampai 500 kantong darah. “Yang kita layani semua daerah di Bolaang Mongondow Raya (BMR), Minahasa Selatan, bahkan sekarang Rumah Sakit Siloam kita juga kerja sama, karena mereka juga butuh darah,” terangnya. (ino)

Komentar