Empat Sekolah Terima Penghargaan Adiwiyata

BOGANINEWS, KOTAMOBAGU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) memberikan penghargaan Adiwiyata bagi Empat Sekolah yang ada di Kota Kotamobagu. Empat sekolah tersebut yakni SDN 1 Poyowa Kecil, SDN 1 Molinow, SDN 3 Mogolaing, dan SMA 3 Kotamobagu.

Penghargaan Adiwiyata ini merupakan penghargaan yang diberikan ke daerah yang berhasil menerapkan kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah tingkat provinsi.

Walikota Kotamobagu, Tatong Bara mengatakan, dari 11 Sekolah yang masuk nominasi Adiwiyata, Pemkot Kotamobagu berhasil yang meraih prestasi terbanyak di Sulut. “Kita masuk sebagai juara pada program sekolah Adiwitaya. Di Sulut, ada 11 sekolah yang masuk pada penerima penghargaan dan kotamobagu berhasil masuk sekolah terbanyak yang meraih prestasi ini,” katanya.

Lanjutnya, diraihnya penghargaan tersebut, tidak lepas dari peran masyarakat yang selalu bersinergi dengan pemerintah dalam membangun daerah yang bersih dan sehat. “Tentu penghargaan ini tidak asing lagi bagi kita. Ini sangat istimewa, sebab ada sangkut pautnya dengan Adipura. Menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan sudah menjadi karakter masyarakat di kotamobagu dan itu membentuk karakter anak didik kita,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Asisten II Pemprov Sulut Rudi Mokoginta mengatakan, dengan kondisi lingkungan yang kerap diterjang bencana, menyadarkan masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan menjaga kebersihan.

“Pendidikan lingkungan hidup adalah alternatif dan solusi meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang fungsi lingkungan hidup. Program ini mendorong terciptanya kesadaran masyarakat melalui warga sekolah, guru, siswa untuk bersama menerapkan pola hidup sehat dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan kita,” jelasnya.

Menurut Rudi, pihaknya telah melakukan penilaian dengan Empat indikator pada 41 sekolah di Sulut. Namun, hanya 11 sekolah yang berhasil masuk dalam nominasi. “Kotamobagu sebagai sekolah terbanyak yang berhasil meraih penghargaan ini,” kata Rudi. (Ino)

Komentar