Kota Kotamobagu Juara II Carnaval Budaya Festival Pesona Bunaken 2019

KOTAMOBAGU – Peserta Karnaval Budaya Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu, meraih  juara II pada penyelenggaraan Festival Pesona Bunaken tahun 2019 yang diadakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Rabu (17/7).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kotamobagu, Moh. Agung Adati mengatakan, pihak Pemkot sangat berbangga atas prestasi yang diraih oleh para peserta karnaval pada tahun ini.

“Alhamdulilah atas prestasi ini, tentunya Pemkot Kotamobagu sangat mengapresiasi atas raihan prestasi ini. Dari 15 kabupaten dan kota se-sulawesi utara yang mengikuti kegiatan ini, Kotamobagu berada pada peringkat ke II sesudah kabupaten bolmut.,” kata Adati.

Dikatakannya, capaian ini tentu tidak lepas dari peran Tim Karnaval yang mampu menyajikan performa terbaik, walaupun dengan persiapan yang seadanya.

“Persiapan untuk mengikuti kegiatan ini hanya 2 hari saja. Kita menampilkan prosesi Adat Mogama, yang dipadukan dengan Tari Kabela dan Tari Tuitan. Selain itu, kami juga meramu atraksi tarian dengan menampilkan Pakaian Kabela dan pakaian Kopi yang menjadi ikon Kota Kotamobagu. Kedua pakaian ini banyak menarik minat wisatawan asing sehingga banyak yang meminta untuk berfoto bersama,” jelas Agung.

Menurutnya, prestasi ini juga tidak lepas dari dukungan langsung dari Wakil Wali Kota Kotamobagu, nayodo Koerniawan, dan Ketua Dekranasda Kotamobagu, Ny. Anki Taurina Mokoginta, yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kehadiran Wakil Wali Kota bersama Ketua Dekranasda KK pada kegiatan ini, menjadi motivasi tersendiri bagi Tim Karnaval Pemkot kotamobagu, sehingga boleh masuk nominasi tiga besar,”tambahnya.

Diketahui, capaian prestasi tahun 2019 ini merupakan penghargaan ketiga kalinya yang berhasil diraih oleh pemerintah kota kotamobagu pada ajang yang sama. dimana pada tahun 2017, Pemkot Kotamobagu meraih juara 2 pada lomba atraksi budaya dan juara 2 lomba perahu hias. Sedangkan sebelumnya pada tahun 2016, utusan Pemkot yang juga sebagai Nanu Kotamobagu 2015, Brenda Tumbelaka, dinobatkan sebagai Putri Bunaken 2016. Prestasi ini juga yang mengantarkannya sebagai Noni Sulut tahun 2018. (*)

Komentar